kumparan
19 Februari 2020 5:04

Dortmund Kalahkan PSG, Haaland Bikin 2 Gol

PTR, Erling Braut Haaland
Striker Dortmund, Erling Braut Haaland. Foto: AFP/Ina Fassbender
Borussia Dortmund berhasil memuaskan publik Signal Iduna Park. Menjamu Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (19/2/2020), mereka menang dengan skor 2-1. Gol-gol Dortmund diborong oleh Erling Haaland. Sementara PSG cuma mampu membalas satu gol lewat bantuan Neymar.
ADVERTISEMENT
Dortmund masih tampil tanpa Marco Reus yang dibekap cedera. Untuk pos lini depan, Lucien Favre bertumpu pada Erling Haaland. Striker yang sudah mengemas 8 gol di Bundesliga itu ditemani oleh Jadon Sancho dan Thorgan Hazard di sisi tepi.
Kemudian Emre Can dan Axel Witsel jadi penyeimbang area sentral. Mereka ditopang Achraf Hakimi dan Raphael Guerreiro di sektor wing-back.
Beralih ke kubu PSG. Thomas Tuchel kali ini memasang Neymar yang telah pulih. Sebagai informasi, pemain asal Brasil itu telah absen dalam empat laga terakhir PSG.
Neymar diplot sebagai trisula lini depan, bersama Kylian Mbappe dan Angel Di Maria. Sebagai pengatur sektor tengah, Tuchel menurunkan komposisi Marco Verratti, Marquinhos, dan Idrissa Gueye
ADVERTISEMENT
Secara garis besar, Dortmund tampil lebih dominan dari PSG di paruh pertama. Melalui serangan sayap, mereka beberapa kalu mengancam pertahanan tim tamu.
Meski, ya, Dortmund masih terkendala dalam penyelesaian akhir. Dari tujuh tembakan, cuma sebiji yang mengenai sasaran yakni via Sancho di menit 26.
PSG lebih parah lagi. Cuma sepasang tembakan yang mereka catatkan sepanjang babak pertama. Itu pun tak ada yang mengarah ke target.
Minimnya agresivitas PSG itu terkait erat dengan mandeknya Neymar dan Di Maria sebagai poros kreativitas tim. Nama yang disebut pertama bahkan sudah lima kali kehilangan penguasaan bola, tertinggi di antara seluruh pemain.
Babak pertama pun berakhir dengan 'kesunyian'. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.
ADVERTISEMENT
Jalannya babak kedua tak jauh berbeda dengan paruh sebelumnya. Dortmund masih mengincar sisi sayap PSG sebagai jalur serangan.
Sementara PSG, masih kesulitan dalam membongkar pertahanan tuan rumah. Les Parisiens justru kecolongan gol di menit 69. Haaland yang jadi aktornya.
Diawali dari serangan sisi sayap, pemain asal Norwegia itu sukses memanfaatkan bola rebound lewat sepakan kaki kanannya. Lesakan itu sekaligus jadi gol kesembilan Haaland di ajang Liga Champions.
Euforia Dortmund tak bertahan lama. Enam menit berselang, PSG berhasil mencetak gol balasan via Neymar. Mbappe mesti diberi apresiasi lebih atas gol ini. Dia berhasil melewati tiga pemain Dortmund sebelum melepaskan umpan mendatar kepada Neymar.
Borussia Dortmund vss PSG
Neymar berjibaku melewati adangan para pemain Dortmund. Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay
ADVERTISEMENT
Haaland benar-benar jadi momok buat PSG di malam itu. Di menit 77, dia berhasil menjebol gawang Keylor Navas untuk kedua kalinya. Kali ini Giovanni Reyna yang jadi kreatornya. Sebagai informasi, pemuda berusia 17 tahun itu adalah putera dari pemain legendaris Amerika Serikat, Claudio Reyna.
Sementara itu Tuchel sebenarnya sudah bereaksi dengan memasukkan Pablo Sarabia untuk mengejar torehan gol Dortmund. Namun, langkah itu belum cukup untuk mengatrol efektivitas serangan PSG. Mereka masih gagal mengukir shoot on target dalam 10 menit terakhir.
Pada akhirnya PSG mesti mengakui keunggulan Dortmund di laga ini. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan tuan rumah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan