kumparan
23 Sep 2018 20:26 WIB

Dua Gol Insigne Antarkan Napoli Bekuk Torino

Insigne kreator terbaik Napoli. (Foto: Reuters/Ciro De Luca)
Napoli tak lagi membuat cela. Sempat dibekuk Sampdoria 0-3 dua giornata silam, mereka kembali mendapatkan poin penuh setelah menekuk Torino 3-1, Minggu (23/9/2018).
ADVERTISEMENT
Well, kekalahan dari Sampdoria tersebut sesungguhnya sudah dibalas dengan hasil apik ketika Partenopei menang 1-0 atas Fiorentina di giornata berikutnya. Namun, hasil imbang melawan Crvena Zvezda di Liga Champions setelahnya menjadi batu sandungan tersendiri untuk tim besutan Carlo Ancelotti tersebut.
Di Stadion Olimpico Grande Torino, Napoli kian membuat Torino terbenam. Bagi I Granata, ini adalah kekalahan kedua mereka musim ini. Dari lima pertandingan Serie A musim ini, mereka baru mengoleksi satu kemenangan dan dua hasil imbang.
Kendati begitu, Torino sesungguhnya tidak tampil buruk-buruk amat. Duet Andrea Belotti dan Simone Zaza cukup oke jadi penyelesai serangan —keduanya total membuat dua percobaan tepat sasaran sepanjang pertandingan ini.
Namun, Ancelotti terbilang lebih cerdik ketimbang pelatih Torino, Walter Mazzarri, pada laga ini. Demi merespons formasi 3-5-2 milik Mazzarri, Ancelotti berani meninggalkan pakem 4-3-3 atau 4-2-3-1 yang biasa digunakan Napoli pada musim ini dan mengubahnya menjadi 4-4-2.
ADVERTISEMENT
Dalam formasi tersebut, Ancelotti menggunakan Simone Verdi dan Jose Callejon sebagai winger —alih-alih gelandang serang sayap. Ia juga menduetkan Lorenzo Insigne dan Dries Mertens di lini depan.
Hasilnya tokcer, Insigne tampil agresif. Ia total membuat empat percobaan dengan tiga di antaranya mengarah tepat sasaran. Dari tiga percobaan tepat sasaran itu, dua di antaranya berbuah menjadi gol.
Gol pertama Insigne lahir pada menit keempat dengan diawali oleh umpan silang bek kiri Napoli, Sebastiano Luperto. Umpan Luperto sesungguhnya sempat dihalau oleh bek Torino, Emiliano Moretti, tetapi bola mengenai badan Souahilo Meite dan jatuh tepat di depan Insigne.
Tanpa ampun, Insigne langsung menghantam keras-keras bola dan gol pertama pun tercipta.
Permainan sayap Napoli sendiri betul-betul membuat Torino kerepotan. Luperto sempat mengkreasikan peluang lagi di babak pertama, tetapi sundulan Kalidou Koulibaly menyambut umpannya masih bisa dihalau kiper Salvatore Sirigu.
ADVERTISEMENT
Dua puluh lima menit menjelang babak pertama usai, Napoli menggandakan keunggulan setelah (lagi-lagi) umpan silang dari sisi kiri —yang kali ini dilepaskan Mertens— diselesaikan dengan sepakan voli oleh Simone Verdi dari dalam boks penalti.
Di babak kedua, Belotti sempat memperkecil kedudukan setelah penaltinya gagal dibendung oleh kiper Napoli, David Ospina. Namun, Napoli bereaksi dengan cepat. Pada menit ke-59, mereka memperbesar keunggulan menjadi 3-1 setelah sepakan Insigne dari jarak dekat membobol gawang Sirigu kembali.
Usai unggul 3-1, Napoli tidak terlalu ngoyo. Mereka memilih untuk menjaga keseimbangan dan mempertahankan keunggulan. Tiga poin pun mereka dapatkan dari Turin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan