kumparan
search-gray
Bola & Sports2 Agustus 2020 13:18

Eddie Howe Mundur usai Bournemouth Terdegradasi dari Premier League

Konten Redaksi kumparan
Eddie Howe Mundur usai Bournemouth Terdegradasi dari Premier League (359032)
Eddie Howe di sebuah laga Piala FA. Foto: Reuters/Carl Recine
Eddie Howe, pelatih berkebangsaan Inggris, mundur dari jabatannya sebagai manajer AFC Bournemouth. Keputusannya tersebut diambil usai Bournemouth terdegradasi dari Premier League.
ADVERTISEMENT
"Menghabiskan waktu 25 tahun bersama klub ini sebagai pelatih dan manajer membuat keputusan ini sebagai hal tersulit yang pernah saya buat," ujar Howe dalam pernyataan resminya, Minggu (2/8).
"Namun, meski kecintaan saya pada klub ini tak akan habis, saya bersama-sama klub merasa bahwa ini adalah waktu yang tepat bagi klub ini untuk bergerak ke arah baru.
"Bournemouth akan selalu di hatiku. Setiap keputusanku sebagai manajer selalu bersandar pada kepentingan klub dan para fans. Kali ini pun tak berbeda," ujar Howe.
Eddie Howe Mundur usai Bournemouth Terdegradasi dari Premier League (359033)
Para pemain Bournemouth merayakan gol Jefferson Lerma di laga melawan Chelsea. Foto: REUTERS/Peter Nicholls
Di sepanjang karier kepelatihannya, Eddie Howe telah memimpin Bournemouth sebanyak 450 pertandingan dalam waktu lebih dari satu dekade. Ia dua kali menjadi manajer Bournemouth, yaitu pada 2008-2011 dan 2012-2020.
ADVERTISEMENT

Eddie Howe Legenda Bournemouth

Meski baru berusia 42 tahun, Howe sudah punya status sebagai legenda di Bournemouth. Ia mulai melatih Bournemouth pada Desember 2008 sebagai pelatih pengganti. Di tahun tersebut, ia berhasil memastikan Bournemouth tidak terdegradasi dari Divisi Dua (kasta keempat Liga Inggris).
Pada 2009, ia membawa Bournemouth promosi ke Divisi Satu (kasta ketiga Liga Inggris). Pada 2011 ia sempat menukangi Burnley selama satu musim.
Pada Oktober 2012, Howe kembali ke Bournemouth. Pada April 2013, ia memastikan Bournemouth promosi ke Divisi Championship.
Hanya tiga tahun di Championship, Howe membawa Bournemouth promosi ke Premier League pada April 2015. Di bulan yang sama, ia dianugerahi penghargaan Manager of the Decade oleh Football League Awards.
ADVERTISEMENT
Selain menjadi pelatih yang berjasa banyak ke Bournemouth, Howe juga merupakan legenda dari klub tersebut sebagai seorang pemain. Ia berperan sebagai bek dan tampil sebanyak lebih dari 300 pertandingan bersama Bournemouth, mencetak 12 gol.
*** Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white