kumparan
search-gray
Bola & Sports25 Oktober 2018 0:09

Egy Maulana Vikri: 90 Menit Lagi Kami Masuk Piala Dunia

Konten Redaksi kumparan
Timnas U-19
Egy Maulana Vikri berduel dengan Arab Eid Khamis di laga Timnas U-19 vs UEA. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)
Kemenangan 1-0 atas Uni Emirat Arab (UEA) tak cuma menyoal keberhasilan Timnas U-19 Indonesia melaju ke babak perempat final, tetapi juga tentang kans berangkat ke Piala Dunia U-20 2019 yang kembali menyala.
ADVERTISEMENT
Dalam laga pamungkas Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (24/10/2018) pukul 19:00 WIB, itu Witan Sulaeman menjadi protagonis skuat 'Garuda Nusantara' berkat gol yang ia lesakkan pada menit ke-22.
Pemilik nomor kostum 8 itu merebut bola dari kaki Yousif Ali Almheiri. Witan kemudian mendribel bola sampai kotak penalti sebelum melepaskan tembakan. Bola yang melaju kencang gagal dijangkau kiper Suhail Abdulla.
Jauh sebelum gol itu bersarang, skuat Timnas U-19 akrab dengan kritik karena keok dari Qatar pada matchday kedua, Minggu (21/10) lalu. Setidaknya, itulah yang diamini oleh Egy Maulana Vikri kepada pewarta di lorong SUGBK.
"Usia 18 tahun dikasih beban berat, teman-teman saya juga ada yang dihujat, ini risiko kami mengambil jalan seperti ini. (Tapi) Kami optimistis bisa," ucap Egy.
ADVERTISEMENT
Di perempat final, Timnas U-19 bakal bersua dengan Jepang yang sudah dipastikan menjadi juara Grup B karena menang head to head. Egy merepons kondisi tersebut dengan nada-nada optimistis. Hal tersebut tak lepas dari skuat Timnas U-19 yang tengah dalam motivasi berlipat.
Timnas U-19 sendiri terakhir kali berlaga di Piala Dunia pada 1979. Maka itu, Egy menjamin bahwa ia dan rekan-rekan bakal tampil habis-habisan guna mentas di turnamen dunia. Terlebih skuat Timnas U-19 terus mengalami peningkatan di setiap laganya.
Indonesia vs UEA
Foto bersama Timnas Indonesia U-19. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
"Sembilan puluh menit lagi kami bisa masuk Piala Dunia. Kalau enggak salah, sudah 40 tahun lebih kami tidak lolos (ke Piala Dunia). Harapannya, semua orang berdoa dan kami kerja keras semua," kata pemain bernomor punggung 10 itu.
ADVERTISEMENT
"Sebenarnya, kemarin (waktu lawan Qatar) kebobolan awal (membuat) mental jatuh. Tapi, babak kedua kami perbaiki. Terus, defense kami jelek, kami perbaiki. Jadi, sekarang kami tinggal bekerja keras dan pelatih juga akan buat yang terbaik," lanjutnya.
Ya, Egy tak asal bicara. Dalam laga melawan UEA, pertahanan Timnas U-19 begitu kokoh meski bek Nurhidayat diganjar kartu merah saat laga masih berusia 53 menit. Sesuai jadwal, laga perempat final yang mempertemukan Timnas U-19 dengan Jepang akan digelar pada Minggu (28/10) di SUGBK pukul 19:00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white