kumparan
28 Okt 2018 10:44 WIB

Egy Maulana Vikri Cedera Hamstring, Mungkin Absen Lawan Jepang

Egy Maulana Vikri pada laga versus Taiwan. (Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA)
Kabar kurang menyenangkan harus diterima skuat Timnas U-19 Indonesia menyusul cederanya Egy Maulana Vikri. Pesepak bola 18 tahun asal Asam Kumbang, Medan, itu dikabarkan tengah menderita cedera sehingga kemungkinan akan absen saat menghadapi Jepang U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10/2018).
ADVERTISEMENT
Kabar cederanya Egy sejatinya telah tersendus sejak dua hari lalu. Ketika Timnas U-19 melakoni sesi latihan pada Jumat (27/10), Egy terlihat berlatih terpisah dari rekan-rekannya dengan didampingi fisioterapis.
Sementara, pada latihan satu hari berikutnya, Egy tak bisa mengikuti sesi latihan secara penuh. Ia harus mengakhiri latihan lebih cepat karena cedera yang dialaminya.
Cedera tersebut diduga setelah ia terjatuh ketika memperkuat Timnas U-19 melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada Kamis (26/10) lalu. Ketika itu, pengidola Arjen Robben dan Lionel Messi ini tak bisa melanjutkan laga sehingga harus ditandu keluar sembari meringis kesakitan.
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengatakan saat ini kondisi Egy Maulana Vikri belum pulih 100%. Perkembangan penggawa Lechia Gdansk itu pun kini tengah dalam pantauan tim dokter.
ADVERTISEMENT
"Kondisi Egy masih terus dievaluasi oleh dokter. Dia cedera hamstring, kalau enggak salah. Bisa saja dia enggak turun lawan Jepang nanti," ujar Indra kepada kumparanBOLA, Sabtu (28/10).
Egy Maulana Vikri berduel dengan Arab Eid Khamis di laga Timnas U-19 vs UEA. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)
Cedera hamstring adalah kondisi saat seseorang mengalami tarikan atau robekan pada otot hamstring yang yang berfungsi menghubungkan otot dan tulang, terletak di belakang paha, memanjang dari pinggul hingga bagian bawah lutut.
Hamstring akan sangat aktif saat melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan menekuk lutut, seperti memanjat, melompat, dan berlari.
Meski demikian, Indra mengaku sama sekali tak risau jika pada akhirnya Egy harus benar-benar absen. Ia menegaskan bahwa tak pernah bergantung kepada salah satu pemain di dalam timnya.
Pelatih bola Timnas Indonesia U19 Indra Sjafri (kanan) memberi instruksi kepada Egy Maulana Vikri saat melawan Timnas Yordania U19. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
ADVERTISEMENT
"Saya udah siapkan 23 pemain, jadi enggak perlu dirisaukan. Karena memang itu yang saya tanamkan. Enggak boleh bergantung kepada seseorang. Ini tim, semua harus bersatu," kata Indra.
Selama menjalani Piala Asia U-19, Egy Maulana Vikri tercatat mencetak satu gol ketika Timnas U-19 menghadapi Taiwan U-19 pada laga perdana.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan