Bola & Sports
·
21 April 2021 5:15

Eks Kiper Timnas Indonesia Listianto Raharjo Meninggal Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Eks Kiper Timnas Indonesia Listianto Raharjo Meninggal Dunia (35972)
Listianto Raharjo eks kiper Timnas Indonesia. Foto: Instagram/Bhayangkara Solo FC U20
Listianto Raharjo, eks kiper Timnas Indonesia, meninggal dunia pada Selasa (20/4) malam hari WIB. Listianto yang akrab disapa Bejo ini tutup usia di umur 51 tahun.
ADVERTISEMENT
Pihak Bhayangkara FC menjelaskan bahwa Listiano meninggal akibat serangan jantung. Ia dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya, Selasa (20/4/2021) sekitar pukul 23.00 WIB.
“Meninggalnya sekitar pukul 23.00 WIB. Tadi sore masih latihan dan memang tinggal di mess Bhayangkara FC di Surabaya. Segenap manajemen Bhayangkara Solo FC meraskan kehilangan sosok legenda kiper. Kami ikut berduka sedalam-dalamnya,” jelas COO Bhayangkara Solo FC, Kombes Pol Sumardji, dalam pernyataan resmi.
Eks Kiper Timnas Indonesia Listianto Raharjo Meninggal Dunia (35973)
Listianto Raharjo eks kiper Timnas Indonesia. Foto: Instagram/Bhayangkara Solo FC U20
Listianto adalah kiper Timnas Indonesia era 1996. Waktu itu, Bejo yang masih berusia 28 tahun mendapat tempat utama di susunan 11 awal pemain Indonesia di ajang Piala AFF 1996.
Bejo mengalahkan deputinya seperti Sumardi dan Kurnia Sandy yang harus rela menjadi penjaga gawang kedua dan ketiga. Pada fase grup, Bejo tampil dengan sangat baik.
ADVERTISEMENT
Dalam empat pertandingan yang ia lakoni, Bejo hanya kebobolan dua kali dan dua kali gawangnya mencatatkan clean sheet. Akan tetapi, saat babak semifinal, Bejo tak bisa melanjutkan kedigdayaanya.
Eks Kiper Timnas Indonesia Listianto Raharjo Meninggal Dunia (35974)
Listianto Raharjo eks kiper Timnas Indonesia. Foto: Situs Resmi Bhayangkara FC
Tiga gol harus bersarang ke gawangnya oleh para pemain Malaysia. Indonesia pun harus menyerah dengan skor 1-3.
Setelahnya, Listianto membantu Indonesia saat meraih medali perak di SEA Games 1997. Indonesia yang menjadi tuan rumah gagal menjadi juara setelah kalah dari Thailand di final.
Listianto sendiri terkenal sebagai salah satu kiper andalan Pelita Jaya. Ia pun pernah tampil untuk Pelita Solo. Selai itu, Bejo juga pernah bermain bersama Arema Malang, Persikota Tangerang, Persib Bandung, dan Persibom Bolaangmongondow.
Ia bergabung dengan PS Sleman seabgai pelatih kiper. Setelah itu, ia bergabung sebagai pelatih di Bhayangkara U-20.
ADVERTISEMENT
***