kumparan
23 Januari 2020 0:16

Eksekutor Penalti, Masalah yang Harus Segera Diselesaikan Man City

Manchester City vs Crystal Palace, POTRAIT
Selebrasi pemain Manchester City Sergio Aguero usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada lanjutan Premier League di Stadion Etihad. Foto: REUTERS / Phil Noble
Masalah mendera Manchester City di musim kompetisi 2019/20. Bukan hanya soal sulitnya mereka mengejar Liverpool di ajang Premier League, tapi mereka juga punya masalah soal eksekutor penalti.
ADVERTISEMENT
Teraktual, dalam laga pekan 24 Premier League 2019/20, City gagal mencetak gol dari titik putih saat bersua Sheffield United. Pelakunya adalah Gabriel Jesus. Beruntung, City sukses memenangi laga dengan skor 1-0 berkat gol Sergio Aguero.
Sebelumnya, Jesus juga gagal mengeksekusi penalti saat City berhadapan dengan Atalanta di ajang Liga Champions. Selain Jesus, beberapa pemain City yang lain juga memiliki masalah dalam hal eksekusi penalti.
Raheem Sterling pernah gagal mengambil penalti saat City menghadapi Wolverhampton Wanderers, Desember 2019 silam. Aguero juga pernah gagal mengeksekusi penalti di ajang Liga Champions musim 2018/19 lalu.
Manchester City vs Crystal Palace
Pemain Manchester City David Silva (kanan) berusaha menandang ke arah gawang Crystal Palace pada lanjutan Premier League di Stadion Etihad. Foto: Jordan Ayew / via REUTERS
Alhasil, perkara eksekutor penalti ini menjadi sesuatu yang dipikirkan betul oleh Pep Guardiola, pelatih Manchester City. Ia pun mengaku akan segera memilih siapa-siapa saja pengambil penalti yang pas untuk City kelak.
ADVERTISEMENT
"Saya memang harus memikirkannya (perkara eksekutor penalti). Saya selalu percaya kepada pemain soal itu (penalti), namun, sekarang tampaknya saya harus memilih siapa yang harus melakukannya," ujar Guardiola, dilansir ESPN FC.
"Di laga-laga penting seperti fase gugur (Liga Champions), penting untuk memikirkan detail seperti itu (penalti), karena perbedaan bisa tercipta dari situ. Kami harus memikirkannya. Saya akan menentukan siapa yang bisa mengambil penalti," lanjutnya.
Ketika ditanya siapa sosok yang pas selaku eksekutor di City, Guardiola malah berkelakar. Ia menyebut bahwa Ederson adalah pemain yang bisa mengambil penalti dengan baik, tanpa terpengaruh tekanan apa pun.
Ederson Moraes
Kiper Manchester City, Ederson Moraes. Foto: REUTERS/Phil Noble
"Ederson adalah kandidat yang pas. Percayalah, ia adalah eksekutor penalti terbaik yang kami punya. Ia seperti orang yang tak punya darah di tubuhnya. Ia begitu tenang (saat mengambil penalti)," ungkap Pep Guardiola.
ADVERTISEMENT
===
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.