kumparan
29 November 2019 17:56

Emery Dipecat Sebelum Pimpin Latihan untuk Laga versus Norwich

Unai Emery
Unai Emery di laga vs Eintracht. Foto: Reuters/Eddie Keogh
Pada Jumat (29/11/2019) sore WIB, Arsenal resmi mengumumkan pemecatan sang pelatih, Unai Emery. Sayangnya, Emery mendapatkan kabar pemecatan dirinya tersebut dengan cara yang tak cukup mengenakkan.
ADVERTISEMENT
Per laporan jurnalis The Athletic sekaligus insider transfer ternama, David Ornstein, Emery dipecat sebelum memimpin sesi latihan untuk laga melawan Norwich City yang akan berlangsung pada Minggu (1/12) malam WIB.
Berdasarkan pemaparan Ornstein, Emery tak sadar bahwa ia tak perlu memimpin sesi latihan lagi. Ya, Emery menyangka bahwa, setidaknya, ia masih akan memimpin Arsenal di laga melawan Norwich tersebut.
irektur Sepak Bola Arsenal, Raul Sanllehi, menyampaikan kabar pemecatan tersebut kepada para pemain. Selain itu, Sanllehi juga mengumumkan bahwa asisten Emery, Freddie Ljungberg, bakal menjadi pelatih interim.
Pemecatan itu mungkin terasa sedikit brutal. Namun, waktu yang dimiliki Arsenal memang tidak banyak, dan Emery tampak sudah kehilangan kendali atas pemain-pemainnya.
ADVERTISEMENT
Ya, performa Arsenal di beberapa pertandingan terakhir terbilang memalukan. ‘Meriam London’ gagal meraih kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi. Menariknya, Arsenal sempat unggul lebih dahulu ketimbang lawannya pada lima dari tujuh pertandingan tersebut.
Yang teranyar, Arsenal kalah dari Eintracht Frankfurt, Jumat (29/11) dini hari WIB, dengan skor 1-2 dalam laga Liga Europa.
Tentu saja, Arsenal unggul terlebih dahulu lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang di babak pertama. Namun, penampilan Aubameyang dkk. memburuk di babak kedua, dan dua gol dari Daichi Kamada memastikan kekalahan mereka.
Unai Emery
Unai Emery saat memimpin laga Arsenal. Foto: REUTERS/Eddie Keogh
Tujuh laga tanpa kemenangan itu menjadi rekor rentetan tanpa kemenangan terburuk kedua bagi Arsenal sejak Februari 1992. Kala itu, Arsenal, yang masih ditangani George Graham, gagal meraih kemenangan dalam delapan pertandingan berturut-turut.
ADVERTISEMENT
Boleh jadi, petinggi-petinggi Arsenal tak ingin melihat skuat tahun ini menyamai rekor 27 tahun yang lalu itu. Oleh karena itu, mereka mengambil keputusan dengan segera, meskipun caranya tak mengenakkan buat Emery.
====
Catatan Editor: Isi dan judul berita ini mengalami perubahan. Ornstein meralat laporannya dan mengatakan bahwa Emery dipecat sebelum memimpin latihan melawan Norwich. Demikian ralat dari kami.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan