kumparan
15 Nov 2018 7:24 WIB

Enrique: Spanyol Akan Mewaspadai Kebangkitan Kroasia

Para pemain Spanyol merayakan gol ke gawang Kroasia pada laga UEFA Nations League. (Foto: Jose Jordan/AFP)
Kemenangan 6-0 Tim Nasional Spanyol atas Kroasia di ajang UEFA Nations League Grup 4 pada 11 September 2018, dianggap Luis Enrique sebagai angin lalu. Enrique menyebut hasil itu tak lagi relevan untuk dijadikan acuan bahwa skuatnya bisa kembali meraih tiga poin pada pertemuan kedua yang digelar di Stadion Maksimir, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Selain akan tampil di depan hadapan para pendukung Kroasia, Enrique juga mewaspadai kebangkitan finalis Piala Dunia 2018 tersebut. Setelah dilumat Spanyol, performa Kroasia mulai membaik dengan mengimbangi Inggris 0-0 di UEFA Nations League dan mengalahkan Yordania 2-1 pada laga persahabatan.
Kroasia pun dianggap Enrique bakal bermain habis-habisan lantaran masih menghuni dasar klasemen Grup 4 dengan torehan satu poin --lima angka lebih sedikit dari Spanyol yang nangkring di urutan pertama. Maka dari itu, kemenangan di laga kali ini akan menghidupkan asa skuat arahan Zlatko Dalic itu lolos ke babak selanjutnya.
"Saya pikir pertandingan nanti benar-benar akan berbeda dari yang kami mainkan di Spanyol. Ini adalah laga kunci dan penentu buat kedua tim, karena sama-sama punya kesempatan untuk lolos ke babak selanjutnya," kata Enrique dilansir Goal.
ADVERTISEMENT
"Ini adalah pertandingan yang akan menentukan sesuatu buat satu tim atau menjadi tidak ada artinya untuk kubu lain. Jika kami menang, kami lolos. Jika tidak, maka akan ada kesempatan buat tim lainnya. Jadi, pertandingan ini sangat vital bagi kami."
"Anda tidak bisa menjadikan pertandingan di Spanyol sebelumnya sebagai acuan dalam mempersiapkan beberapa aspek. Tapi, kami juga sudah melihat apa yang Kroasia lakukan sebelum melawan kami dan apa yang telah mereka selesaikan setelah melawan kami. Dalic juga bilang Kroasia akan tampil menyerang dan saya yakin itu, karena mereka harus menang. Hasil imbang atau kalah tidak akan ada artinya buat mereka."
Luis Enrique, pelatih Timnas Spanyol. (Foto: Reuters/Matthew Childs)
Kendati sudah mengantisipasi kebangkitan Kroasia, Enrique nyatanya belum menentukan 11 pemain awal yang bakal diturunkan pada laga nanti. Namun, sosok berusia 48 tahun itu menyebut semua pemain 'Tim Matador' siap beraksi menghadapi Luka Modric cs.
ADVERTISEMENT
Menilik skuat yang dibawa Enrique, ada beberapa nama yang tampil ciamik di pertemuan pertama seperti Marco Asensio, Rodrigo Moreno, dan Saul Niguez. Kekuatan Spanyol juga disuntik dengan adanya Jordi Alba, Paco Alcacer, Suso, hingga Alvaro Morata yang tengah berada di performa apik bersama klubnya.
"Saya punya 24 pemain yang tersedia untuk laga nanti, sebelum laga di mulai, mereka semua pilihan pertama. Saya belum memikirkan starting XI, saya akan memutuskan nanti," tutup Enrique.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan