Bola & Sports
·
17 Oktober 2020 21:54

Everton vs Liverpool: Kenapa Pickford Tak Diusir dan Gol Henderson Dianulir?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Everton vs Liverpool: Kenapa Pickford Tak Diusir dan Gol Henderson Dianulir? (19742)
Pemain Liverpool Virgil van Dijk bertabrakan dengan Kiper Everton Jordan Pickford saat pertandingan Liga Premier Everton vs Liverpool di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (17/10). Foto: Laurence Griffiths/Pool via REUTERS
Jordan Pickford lolos dari hukuman kartu merah usai melanggar keras Virgil van Dijk di laga Everton vs Liverpool, Sabtu (17/10) malam WIB. Ini memicu reaksi keras dari fan The Reds di jagat maya.
ADVERTISEMENT
Dalam laga di Goodison Park yang berkesudahan 2-2 itu, Van Dijk kudu ditarik keluar pada menit 11. Gara-garanya, Pickford menerjang kaki bek Belanda itu.
Namun, si kiper Inggris tak mendapat hukuman kartu. Kenapa, ya?
Menurut Dale Johnson dari ESPN, meski aksi Pickford itu tampak seperti pelanggaran keras yang layak mendapat kartu merah, Van Dijk dinilai wasit sudah lebih dahulu offside. Itulah sebabnya, 'pelanggaran setelah offside' tersebut tak dikenai hukuman.
Everton vs Liverpool: Kenapa Pickford Tak Diusir dan Gol Henderson Dianulir? (19743)
Pemain Liverpool Virgil van Dijk bertabrakan dengan Kiper Everton Jordan Pickford saat pertandingan Liga Premier Everton vs Liverpool di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (17/10). Foto: Laurence Griffiths/Pool via REUTERS
Namun, masih menurut Johnson, sebenarnya Pickford tetap bisa dikasih kartu merah, lho, terlepas offside/tidaknya Van Dijk. Wasit sebenarnya bisa mengecek VAR untuk menilai kelayakan pemberian kartu merah langsung atau tidak.
Akan tetapi, wasit dan petugas VAR terlalu menaruh perhatian pada situasi offside Van Dijk. Pada akhirnya, tak ada kartu merah untuk Pickford.
ADVERTISEMENT
Eh... Kalau dipikir-pikir, Van Dijk offside dari mananya? Masa tangan menjulur bisa offside?
Kontroversi ini juga yang membikin gol Jordan Henderson dianulir wasit. Sadio Mane dinilai offside sebelum gol di pengujung laga itu tercipta.
Berikut ini, selengkapnya mengenai aturan offside baru dari IFAB (International Football Association Board). Seorang pemain dalam posisi offside jika:
  • Setiap bagian dari kepala, tubuh, atau kaki berada di tengah lawan (tidak termasuk garis tengah) dan;
  • Bagian mana pun dari kepala, tubuh, atau kaki lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan pemain lawan terakhir kedua (second-last opponent);
  • Tangan dan lengan semua pemain, termasuk kiper, tidak dipertimbangkan;
Seorang pemain tidak dalam posisi offside jika sejajar dengan: Lawan terakhir kedua atau dua lawan terakhir.
ADVERTISEMENT
Tangan dan lengan tidak dianggap untuk penilaian offside, lalu kenapa Van Dijk dan Mane dianggap offside? Kembali lagi pada penafsiran wasit dan petugas VAR.
VAR hanya alat. Boleh jadi, wasit dan petugas VAR melihat ketiak atau bagian tubuh lain dari Van Dijk dan Mane yang sudah berada pada posisi offside. Lagipula, angle kamera yang kita lihat di layar TV bisa jadi berbeda dengan yang dilihat wasit di layar VAR.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.