Bola & Sports
·
20 April 2021 12:36

Ezra Walian On Fire di Piala Menpora, Kapan Bisa Perkuat Timnas Lagi?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ezra Walian On Fire di Piala Menpora, Kapan Bisa Perkuat Timnas Lagi? (490102)
Ezra Walian. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Performa apik Ezra Walian bersama Persib di Piala Menpora menumbuhkan harapan publik bahwa dirinya bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Sayangnya, ada batu sandungan untuk melihat striker berdarah Belanda itu berjersi skuad 'Garuda'.
ADVERTISEMENT
Hingga babak semifinal, Ezra telah mencetak tiga gol di Piala Menpora 2021. Ia hanya terpaut satu gol dari top skorer sementara Assanur Rijal saat memperkuat Persiraja Banda Aceh.
Gol perdana Ezra dicetak ke gawang Persita di babak grup, gol kedua ke gawang Persebaya di perempat final, dan gol teranyar ke gawang PS Sleman di semifinal. Khusus gol terakhir, itu menjadi gol penentu Persib melaju ke final Piala Menpora tanpa perlu melakukan adu penalti terlebih dahulu.
Melihat Ezra yang moncer di Piala Menpora, tumbuh harapan melihatnya kembali membela Timnas Indonesia. Akan tetapi, kapan itu bisa terjadi?
Ezra Walian On Fire di Piala Menpora, Kapan Bisa Perkuat Timnas Lagi? (490103)
Ezra Walian di Persib Bandung. Foto: Instagram/@persib
"Belum, saya juga belum tahu karena kan itu bukan ranah kitalah ya sebenarnya. Itu kan lebih ke ranahnya PSSI sebagai pengelola timnas. Jadi, terus terang saya belum ngikutin, cuma saya tahu dari beberapa tahun yang lalu dipermasalahkan kewarganegaraannya," kata Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, saat dihubungi kumparan, Selasa (20/4).
ADVERTISEMENT
Menurut Teddy, Persib pun sejauh ini tidak bisa berbuat banyak. Kubu 'Maung Bandung' juga belum mengontak PSSI terkait perkembangan status WNI Ezra Walian.
"Belum, kami belum sampai sana. Ini Ezra kan baru sebulan lebih main sama kami," terangnya.
Ezra Walian sebelumnya terganjal aturan FIFA untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2019. Sebab, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengirim memorandum ke AFC bahwa Ezra pernah tampil untuk Timnas Belanda U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014.
Khusus untuk tahun ini, kesempatan Ezra membela Timnas Indonesia terbuka di SEA Games Vietnam 2021. Ia boleh tampil karena ajang itu bukan agenda resmi FIFA.
Sebelumnya, Ezra sempat memperkuat Timnas U-23 asuhan Luis Milla di ajang SEA Games 2017 dan menjadi bagian ketika meraih medali perunggu.
Ezra Walian On Fire di Piala Menpora, Kapan Bisa Perkuat Timnas Lagi? (490104)
Surat FIFA kepada PSSI terkait status kewarganegaraan Ezra Walian. Foto: kumparan
Meski demikian, selama statusnya WNI-nya belum jelas, jebolan akademi Ajax Amsterdam ini dilarang membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang merupakan agenda FIFA. Skuad asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi tiga laga sisa pada Juni mendatang.
ADVERTISEMENT
Dalam Statuta FIFA pasal 6 dijelaskan beberapa hal yang memperkuat agar Ezra kembali bisa membela Timnas Indonesia, yakni pemain lahir di wilayah yang asosiasinya relevan, ibu kandung atau ayah biologis lahir pada wilayah asosiasi yang relevan, nenek atau kakeknya lahir di wilayah asosiasi yang relevan, dan pemain telah tinggal secara terus menerus di wilayah asosiasi yang relevan setidaknya dua tahun.
Untuk diketahui, Ezra sudah berkompetisi di Indonesia sejak 2019, kala itu bersama PSM Makassar. Namun, masih belum ada kejelasan apakah dia bisa bermain tahun ini, bahkan dari kubu Persib pun belum mendapat informasi dari PSSI.
"Nah makanya, mungkin dengan kondisi itu mungkin bisa sudah terpenuhi tuh kondisinya mungkin. Kita juga belum tahu sih sampai sejauh apa ini," tutup Teddy.
ADVERTISEMENT
Hingga berita ini dinaikkan, kumparan telah mencoba menghubungi Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, tetapi belum direspons.
***