Bola & Sports
·
24 November 2020 9:10

Fan di Inggris Bisa Kembali Nonton Premier League di Stadion pada Desember 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fan di Inggris Bisa Kembali Nonton Premier League di Stadion pada Desember 2020 (262805)
Penjagaan ketat di Emirates Stadium. Foto: Reuters/John Sibley
Fans bisa kembali menonton langsung laga-laga Premier League di stadion. Pemerintah Inggris mengungkap rencana untuk fans bisa kembali ke stadion pada Desember 2020.
ADVERTISEMENT
Rencana ini diungkap langsung oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Senin (23/11). Johnson mengatakan bahwa lockdown nasional di Inggris akan selesai pada Rabu (2/12) dan diganti dengan sebuah sistem baru.
Dalam sistem itu, setiap daerah akan terbagi dalam sejumlah tingkatan berbeda. Nantinya, jumlah fans yang boleh masuk ke dalam stadion tergantung dengan tingkatan dari lokasi stadium.
Menurut Goal International, stadium di tingkat pertama diizinkan untuk diisi 4 ribu fans atau setengah dari kapasitas maksimalnya, tergantung mana yang lebih sedikit.
Kemudian, venue yang ada di tingkat kedua mendapat izin untuk diisi 2 ribu fans atau setengah dari kapasitas maksimalnya, tergantung mana yang lebih sedikit.
Adapun stadion yang berada di daerah tingkat ketiga tetap tak diperbolehkan didatangi fans. Artinya, laga tetap digelar secara tertutup.
Fan di Inggris Bisa Kembali Nonton Premier League di Stadion pada Desember 2020 (262806)
Mohamed Salah dan para pendung Liverpool di Anfield Stadium. Foto: REUTERS/Phil Noble
Sementara itu, pihak pemerintah Inggris baru akan mengumumkan tingkatan-tingkatan dari setiap daerah pada Kamis (26/11).
ADVERTISEMENT
Pihak Premier League menyambut hangat rencana ini. Mereka berharap bisa meningkatkan jumlah fans yang bisa hadir.
"Fans sangat merindukan laga-laga Premier League. Dengan demikian, kami menyambut hangat pengumuman Perdana Menteri tentang kembalinya fans ke stadion sejak Maret, meski jumlahnya sedikit," tulis pernyataan Premier League.
"Kami berambisi untuk terus bekerja dengan pemerintah demi meningkatkan jumlah fans yang bisa hadir sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Karena, sebelum itu tercapai, banyak fans yang tak bisa hadir dan klub-klub kami terus menggelar laga sambil menelan kerugian finansial," lanjut mereka.
Fan di Inggris Bisa Kembali Nonton Premier League di Stadion pada Desember 2020 (262807)
Selebrasi pemain Manchester United saat melawan Manchester City di Old Trafford, Manchester, Inggris. Foto: Reuters/Carl Recine
Para fans di Inggris tak bisa menonton langsung gelaran sepak bola di Inggris sejak Premier League ditangguhkan pada Maret 2020. Kompetisi kembali bergulir pada Juni 2020, tetapi harus dilangsungkan secara tertutup.
ADVERTISEMENT
Kabar ini tentu disambut hangat para klub di Inggris. Terutama klub-klub divisi di bawah Premier League yang merasakan dampak besar akibat laga digelar tertutup.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)