kumparan
30 April 2018 1:16

Fiorentina Hancurkan 10 Pemain Napoli di Artemio Franchi

Para pemain La Viola merayakan gol. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)
Napoli terpeleset dan hancur lebur saat melakoni pertandingan pekan ke-35 Serie A, Minggu (29/4/2018) malam WIB. Bertandang ke markas Fiorentina di Artemio Franchi, Napoli takluk 0-3.
ADVERTISEMENT
Napoli harus bermain dengan 10 pemain sejak awal babak pertama karena Kalidou Koulibaly mendapatkan kartu merah di menit delapan. Alhasil, Fiorentina bisa melesakkan tiga gol yang semuanya dicetak oleh Giovanni Simeone di menit 34, 62, dan 90+3.
Dengan hasil ini, Napoli memang masih berada di posisi dua klasemen dengan koleksi 84 poin. Tetapi, kans Napoli mengejar Juventus di puncak klasemen kian sulit lantaran untuk sementara selisih poin mereka menjadi empat angka. Sedangkan, tambahan tiga poin tidak membuat posisi Fiorentina beranjak di tempat kesembilan dengan 54 poin.
***
Pada laga ini tak ada perubahan yang dilakukan Napoli dalam 11 pemain awalnya. Maurizio Sarri masih memasang trio Dries Mertens, Jose Maria Callejon, dan Lorenzo Insigne sebagai trisula penyerangan. Sedangkan untuk menopang mereka di lini tengah, trio gelandang Jorginho, Allan Marques, dan Marek Hamsik jadi pilihan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, tuan rumah turun dengan pakem 4-3-1-2. Pelatih Stefano Pioli memercayai Giovanni Simeone dan Federico Chiesa sebagai duo penyerang yang ditopang Riccardo Saponara di di belakangnya. Jordan Veretout, Milan Badelj, dan Marco Benassi jadi metronom di lini tengah.
Laga belum berjalan 10 menit, petaka sudah datang buat Napoli ketika Kalidou Koulibaly diganjar kartu merah oleh wasit di menit kedelapan. Kartu merah ini diberikan setelah Koulibaly melakukan pelanggaran keras dengan mengganjal Giovanni Simeone dari belakang. Awalnya wasit hanya memberikan kartu kuning, tetapi setelah melihat tayangan VAR, wasit mengeluarkan kartu merah dari sakunya.
Kehilangan satu pemain di lini belakang membuat Maurizio Sarri menarik keluar Jorginho dan memasukkan Lorenzo Tonelli yang berposisi sebagai bek tengah. Kondisi ini berimbas kepada serangan Napoli yang menjadi mandek, sementara Fiorentina punya peluang mencetak gol lewat Cristiano Biraghi dan Nikola Milenkovic yang bisa ditepis Pepe Reina.
ADVERTISEMENT
Menghadapi La Viola di kandangnya dengan 10 pemain membuat Napoli menderita sepanjang babak pertama. Partenopei tidak bisa melepaskan percobaan mengarah gawang dan terus-terusan bertahan dari gempuran para pemain Fiorentina. Beruntung, dari sekitar empat tembakan tidak ada yang berbuah jadi gol di 30 menit pertama.
Namun, pertahanan Napoli akhirnya runtuh di menit 34 setelah Simeone membobol gawang Reina. Gol ini berawal dari umpan terobosan Braghi di tengah lapangan. Simeone yang lolos dari jebakan offside bisa menerima bola dan meneruskannya dengan sepakan kaki kiri.
Para pemain Napoli tertunduk lesu. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)
Setelah unggul, 'Si Ungu' tak serta menurunkan tekanan mereka kepada sang tamu. Beberapa percobaan dari Benassi, Veretout, Chiesa, dan Saponara membuat Reina jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Total, sepanjang babak pertama saja, Reina melakukan lima penyelamatan.
ADVERTISEMENT
Penampilan Napoli ketika memasuki paruh kedua bisa dikatakan sedikit membaik. Mereka tak lagi pasif dalam menyikapi permainan menyerang Fiorentina meskipun berisiko membuat lini belakang mereka terus terserang. Saponara dan Chiesa sempat mengancam lagi gawang Reina, tetapi Mertens membalas meski masih bisa ditangkap kiper Fiorentina, Marco Sportiello.
Namun, selepas peluang Mertens, Napoli kembali kepayahan. Di sisi lain, Fiorentina dengan nyamannya terus melancarkan serangan. Berkali-kali upaya dari Chiesa, Veretout, dan Saponara membuat barisan pertahanan Napoli ketar-ketir, khususnya Reina yang kembali berjibaku menyelamatkan gawangnya.
Akhirnya upaya Fiorentina menggandakan keunggulan menuai hasil nyata di menit 62, lagi-lagi Simeone yang membuat Reina memungut bola untuk kali kedua. Gol ini berawal dari sepak pojok Saponara yang disambut Badelj, Reina bisa menepis peluang ini tetapi bola muntah bisa disontek oleh Simeone yang sudah ada di depan gawang.
ADVERTISEMENT
Di sisa waktu pertandingan tak ada peluang berarti yang dilahirkan Napoli untuk mengejar ketertinggalan. Sebaliknya, Fiorentina yang tidak mengendurkan serangan bisa memperbesar keunggulan di masa injury time lewat hat-trick Simeone setelah meneruskan umpan tarik Sebastian Cristoforo. Akhirnya, laga berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan tuan rumah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan