Bola & Sports
·
31 Juli 2020 10:26

Gagal Akuisisi Newcastle United, Pengusaha Ini Patah Hati: Salah Premier League

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gagal Akuisisi Newcastle United, Pengusaha Ini Patah Hati: Salah Premier League (294116)
Newcastle United. Foto: REUTERS/Scott Heppell
Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MbS); dan rekan-rekan bisnisnya batal mengakuisisi Newcastle United. Salah satu kolega MbS dalam rencana ini adalah PCP Capital Partners yang dipimpin oleh pengusaha Inggris, Amanda Staveley.
ADVERTISEMENT
Andai takeover ini terealisasi, Kerajaan Arab Saudi via Saudi Arabia’s Public Investment Fund (PIF) akan memegang 80 persen saham klub. Sementara itu, PCP Capital Partners dan Reuben Brothers berhak atas 10 persen kepemilikan.
Namun, apa boleh bikin? Nasi sudah kadung menjadi bubur. Kini, Staveley menyesali kegagalan ini dan menyalahkan Premier League.
"Kami jelas-jelas patah hati. Tentu saja, kami [menyalahkan Premier League]. Mereka memiliki kesempatan, mereka mengatakan kami belum menjawab semua pertanyaan, padahal kami telah melakukannya," katanya kepada The Times, dilansir Goal International.
Gagal Akuisisi Newcastle United, Pengusaha Ini Patah Hati: Salah Premier League (294117)
Amanda Staveley. Foto: Shaun Botterill/Getty Images
"Klub-klub Premier League lain tak mau [rencana] itu terealisasi. Kami sangat patah hati untuk para fan Newcastle United; investasi yang akan masuk ke klub, terutama dengan segala sesuatu yang terjadi dengan Brexit dan COVID-19, akan sangat penting. Ini adalah bencana besar bagi mereka," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, grup investasi ini telah mengajukan usulan takeover Newcastle yang dipahami bernilai lebih dari 300 juta pounds ke Premier League pada April lalu. Akhirnya, karena proses yang berkepanjangan dan berbelit-belit, mereka menarik diri.
"Sayangnya, proses yang berkepanjangan dalam situasi saat ini ditambah dengan ketidakpastian global telah menjadikan potensi investasi tidak lagi layak secara komersial," tulis pernyataan mereka, dilansir Sky Sports.

Amanda Staveley menyerah kejar Newcastle United?

Gagal Akuisisi Newcastle United, Pengusaha Ini Patah Hati: Salah Premier League (294118)
Amanda Staveley. Foto: AFP/Paul Ellis
Staveley bukan orang baru di dunia sepak bola. Dia dikenal dekat dengan pendiri Abu Dhabi United Group (ADUG) --perusahaan pemilik Manchester City--, Sheikh Mansour Bin Zayed Al Nahyan dadn punya andil dalam keberhasilan taipan Uni Emirat Arab itu mengakuisisi The Citizens pada 2008.
Untuk rencana akuisisi The Magpies, Staveley mungkin adalah orang yang paling ngotot. Sebab, bukan baru-baru ini saja, dia disebut ingin mengakuisisi Newcastle United. Pada 2017, Staveley punya niatan serupa, tetapi juga urung berhasil.
ADVERTISEMENT
"Apakah kita menyerah sekarang? Saya tidak tahu, mungkin ada jalan ke depan, tetapi kita harus mengeluarkan pernyataan. Saya mencoba untuk menerima kenyataan dan kami harus membuat keputusan," ujarnya kepada The Times, dilansir Goal.
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.