Bola & Sports
·
31 Desember 2019 13:29

Gelora 10 November Jadi Markas Alternatif Persebaya Musim Depan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gelora 10 November Jadi Markas Alternatif Persebaya Musim Depan (42906)
Pemain Persebaya Surabaya Misbakus Solikin. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk sementara tak bisa jadi kandang Persebaya Surabaya untuk Liga 1 2020 mendatang. GBT mesti direnovasi karena jadi salah satu venue untuk Piala Dunia U-20 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT
Alhasil, Persebaya perlu mencari markas baru untuk musim kompetisi 2020 kelak. Sempat beredar kabar bahwa Persebaya akan mentas di Gelora Delta, Sidoarjo.
Namun, Polresta Sidoarjo menolak memberikan izin keramaian jika Persebaya main di Sidoarjo. Alasan keamanan jadi pertimbangan utama pihak kepolisian, walau sejatinya lokasi Sidoarjo dan Surabaya berdekatan.
Pilihan lain kemudian tertuju pada Stadion 10 November di bilangan Tambaksari. Manajemen Persebaya tampaknya akan mengupayakan pilihan ini, karena mereka ingin agar 'Bajul Ijo' tetap bermain di Surabaya.
Gelora 10 November Jadi Markas Alternatif Persebaya Musim Depan (42907)
Para pemain Persebaya Surabaya. Foto: dok. Liga Indonesia
"Jangan sampai kami bermain di luar Surabaya. Jika Stadion (Gelora) 10 November terkendala masalah renovasi, manajemen siap membantu," kata Ram Surahman, Sekretaris Persebaya.
Tetapi, kondisi Gelora 10 November juga setali tiga uang dengan GBT. Stadion tersebut mesti direnovasi lantaran akan digunakan sebagai lapangan latihan untuk tim peserta Piala Dunia U-20 2021 nantinya.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, jika kelak Gelora 10 November sudah menjalani renovasi, masalah tak selesai sampai di situ. Manajemen Persebaya juga mesti mengantongi verifikasi dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) agar mendapat rekomendasi kelayakan penggunaan stadion.
Gelora 10 November juga memiliki masalah-masalah lain yang perlu jadi pertimbangan manajemen Persebaya. Pertama, lokasinya berada di pusat kota dan terletak di wilayah pada penduduk.
Kedua, tak jauh di situ, terdapat area tempat perdagangan. Arus lalu lintas juga berpotensi menjadi masalah jika Persebaya tetap menggelar laga di stadion tersebut.
Selain Gelora Delta dan Gelora 10 November, ada satu opsi lain yang bisa dipilih Persebaya, yakni Stadion Gelora Joko Samudro yang berlokasi di Gresik. Apalagi, jarak antara Surabaya dan Gresik juga tidak terlalu jauh.
ADVERTISEMENT