kumparan
15 Desember 2018 8:16

Guardiola Enggan Pandang Everton Sebelah Mata

Apresiasi Pep Guardiola untuk kemenangan Manchester City atas Southampton. (Foto: REUTERS/Andrew Yates)
Manchester City akhirnya menelan kekalahan di pekan ke-16 Premier League. Anak-anak asuh Pep Guardiola tumbang 0-2 dari Chelsea, Minggu (9/12/2018), sehingga harus merelakan posisi puncak klasemen yang direbut Liverpool.
ADVERTISEMENT
Sepekan usai menderita kekalahan perdana di Premier League, City kembali menemui lawan yang tak mudah. Di pekan ke-17, sang juara bertahan akan menjamu Everton di Etihad Stadium, Sabtu (15/12/2018) malam WIB.
Menarik bila melihat respons apa yang akan diberikan oleh Guardiola usai timnya menderita kekalahan. Terlebih, lawan yang akan dihadapinya kali ini memiliki catatan yang lumayan mengilap di liga musim ini.
Hingga kini, Everton berada di peringkat ketujuh klasemen Premier League dengan 24 angka. Pasukan Marco Silva baru menelan empat kekalahan di Premier League musim ini.
Penampilan gemilang dari Everton musim ini mendapat perhatian dari Guardiola. Menurut pelatih yang pernah membesut Barcelona dan Bayern Muenchen ini, The Toffees telah menunjukkan peningkatan kualitas dalam beberapa tahun terakhir dan memiliki pemain-pemain berbahaya.
ADVERTISEMENT
"Everton sudah melakukan perubahan dengan komplet dan membeli pemain seperti Gylfi Sigurdsson, Richarlison, serta Yerry Mina. Mereka adalah pemain dengan level tinggi," ucap Guardiola dilansir Sky Sports.
"Saya sangat terkejut dengan apa yang sudah mereka kerjakan sejauh ini. Akan menjadi pertandingan yang rumit dan kami akan melihat bagaimana kami akan mereaksi itu," tambah Guardiola.
Sergio Aguero dan Bernado Silva merayakan gol ke gawang Chelsea. (Foto: REUTERS/Toby Melville)
The Citizens jelas diunggulan dalam pertandingan kali ini. Hal itu dikarenakan tren buruk yang dialami oleh calon lawannya itu dalam lima pertandingan teranyar Premier League. Catatanya, Everton hanya menang sekali, tiga kali meraih hasil imbang, dan sekali menelan kekalahan.
Keunggulan City semakin menjadi manakala beberapa pilar utama mereka sudah bisa merumput. Ya, Sergio Aguero dan Kevin de Bruyne sudah menjalani latihan dengan tim utama City. Guardiola pun mengisyaratkan untuk menurunkan kedua pemain tersebut dalam pertandingan nanti.
ADVERTISEMENT
"Kondisi Aguero dan De Bruyne sama sudah tidak merasakan sakit. Jadi kami tinggal melihat apakah mereka akan bermain," ucap Guardiola.
Kendati diunggulkan, City sebaiknya tak terlalu percaya diri. Pasalnya, Seamus Coleman dan kolega memiliki rekor apik jika bermain di Eithad Stadium. Dalam tiga laga Premier League terakhir di Etihad, termasuk skor imbang 1-1 musim lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan