kumparan
31 Oktober 2018 11:06

Hadapi Persebaya, Teco Mudik ke Rumah Lama

Pelatih Persija Stefano 'Teco' Cugurra. (Foto: Dok. Media Persija)
Akhir pekan ini, Persija Jakarta akan menyambangi markas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Go-Jek Liga 1 pekan ke-29. Merujuk jadwal, kedua kesebelasan akan berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Minggu (4/11/2018) mendatang.
ADVERTISEMENT
Persija tengah dalam tren bagus. Empat kemenangan beruntun di periode Oktober jadi modal bagi Persija menyambangi Kota Pahlawan.
Pelatih Persija, Stefano 'Teco' Cugurra tampaknya menjadi orang yang paling antusias menyambut laga. Selain mempersiapkan tim, ia juga bersiap 'mudik' ke Surabaya.
''Saya mengawali karier sepak bola di Indonesia di Surabaya. Lima tahun saya habiskan waktu di sana dan meraih segalanya. Gelar juara, teman, rumah, semuanya. Dan Anda semua tentu juga tahu istri saya adalah asli [orang] Surabaya,'' kata Teco.
Teco memang tak pernah menjalani karier sepak bola sebagai pemain di Tanah Air. Akan tetapi, pada 2004 silam, pelatih 44 tahun ini melakukan 'debut' di sepak bola Indonesia sebagai bagian dari staf kepelatihan Jacksen F. Tiago. Kala itu, Teco menjabat sebagai pelatih fisik.
ADVERTISEMENT
Persija vs Persebaya (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Kenangan terindah Teco bersama Persebaya adalah ketika berhasil membawa Persebaya juara Liga Indonesia usai mengalahkan Persija Jakarta di Stadion Gelora 10 November. Kala itu, sumbangan gol Danilo Fernandez dan Luciano da Silva menjadi aktor di balik gemilangnya Persebaya.
''Sekarang semua sudah berbeda. Nanti saya tiba di Surabaya sebagai pelatih Persija. Dan saya akan profesioanl ketika berhadapan dengan Persebaya. Tetapi, apa pun tentang Persebaya, saya sangat respek,'' kata Teco.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan