Bola & Sports
·
31 Maret 2021 17:15

Hasil Piala Menpora: Diwarnai Gol Penalti, PSM Melaju ke 8 Besar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hasil Piala Menpora: Diwarnai Gol Penalti, PSM Melaju ke 8 Besar (830606)
searchPerbesar
Pemain PSM Makassar Asnawi Mangkualam berebut bola dengan pemain Shan United pada pertandingan lanjutan Grup H Piala AFC di Stadion Madya GBK, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
PSM Makassar ditahan imbang Borneo FC saat melakoni laga pamungkas Grup B Piala Menpora 2021. Bermain di Stadion Kanjuruhan, Juku Eja hanya bisa bermain 2-2 melawan Pesut Etam pada Rabu (31/3) sore hari WIB.
ADVERTISEMENT
Dua gol PSM dicetak oleh Saldi (20') dan Zulham M Zamrun (25'). Borneo membalas lewat aksi Guy Junior (32') dan Rifal Lastori (65').
Meski cuma bermain imbang, PSM bisa melaju ke babak 8 besar. Sementara Borneo memang sudah tidak punya kesempatan untuk ke babak selanjutnya.
Susunan Pemain
PSM: Hilman Syah, Zulkifli Syukur, Hasyim Kipuw, Erwin Gutawa, Abdul Rachman, Rasyid Bakri, M. Arfan, Sutanto Tan, Yakob Sayuri, Saldi, Zulham Zamrun
Borneo: Angga Saputro, M. Ilham, Javlon Guseynov, M. Andika, Lestaluhu I.R., Terens Purihi, Hendro Siswanto, Komang Trisnanda, M. Fajar, Sultan Samma, Guy Junior
Hasil Piala Menpora: Diwarnai Gol Penalti, PSM Melaju ke 8 Besar (830607)
searchPerbesar
Selebrasi pemain PSM Makassar Yakob Sayuri usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada pertandingan babak penyisihan Grup B Piala Menpora, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (22/3). Foto: Ari Bowo Sucipto/ANTARA FOTO
PSM tampil dengan taktik serangan balik di babak pertama. Mereka lebih menunggu Borneo menyerang dan berusaha mencari celah dengan skema serangan balik.
ADVERTISEMENT
Gaya bermain itu berbuah peluang emas di menit 9. Yakob Sayuri mendapat kesempatan membawa PSM unggul. Ia dalam posisi berbahaya setelah mendapat bola jauh dari belakang, namun ia melepaskan tendangan buruk yang membuat bola keluar.
Sementara Borneo bisa mengancam balik lewat Guy Junior. Dia sempat mendapat sejumlah kiriman bola ciamik dari lini tengah, tetapi Guy malah membiarkan bola diraih kiper.
Aksi saling menyerang terus terjadi. Tetapi, kebuntuan akhirnya pecah di menit 20. Yakob Sayuri lagi-lagi mendapat bola di posisi berbahaya. Ia menusuk masuk ke dalam kotak penalti dan mengirim bola ke Saldi yang kemudian bisa menendang bola masuk ke dalam gawang.
Lima menit berselang, gawang Borneo kembali bobol. Zulham Zamrun mencetak gol kedua PSM dengan luar biasa dari tendangan bebas. Ia melepaskan tendangan tinggi yang membuat kiper terkecoh dan tak mampu melindungi gawang.
ADVERTISEMENT
Namun, Borneo tak menyerah. Mereka terus menyerang dengan Guy Junior sebagai ujung tombaknya. Borneo pun berhasil mengejar ketinggalan satu gol setelah jeda tengah babak pertama lewat sebuah tendangan penalti.
Penalti diberikan wasit setelah sundulan Javlon menyambut tendangan sudut membuat bola mengenai tangan Erwin Gutawa. Wasit pun menunjuk titik putih usai berkonsultasi dengan tim wasit.
Guy Junior yang menjadi eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik lewat tendangan kaki kirinya. Skor pun berubah menjadi 2-1 di menit 32.
Aksi saling serang terus berlanjut usai gol. Namun, masing-masing tim belum mampu menambah gol. Skor pun tidak berubah sampai turun minum.
Borneo tetap bermain menyerang di babak kedua. Melihat situasi belum berubah, pelatih Borneo, Mario Gomez, menarik keluar Fajar dan memasang Rifal Lastori sebagai gantinya. Ia juga menurunkan M. Sihran
ADVERTISEMENT
Keputusan itu terbukti jitu. Di menit 64, Rifal sukses mencetak gol penyeimbang dengan tendangan voli. Gol bermula dari umpan lambung Sihran yang disambut sundulan Hasyim Kipuw yang ingin membuangnya.
Namun, bola malah mendarat dekat Rifal yang langsung melepaskan tendangan voli. Bola sempat memantul ke tanah sebelum akhirnya masuk gawang.
Hasil Piala Menpora: Diwarnai Gol Penalti, PSM Melaju ke 8 Besar (830608)
searchPerbesar
Pertandingan antara Persija vs Borneo di Piala Menpora. Foto: Media Persija
Berhasil mengejar membuat Borneo semakin buas. Di menit 68 Guy Junior dan Javlon menghadirkan ancaman, bahkan nyaris membawa Borneo unggul. Akan tetapi, aksi kiper Hilman Syah mampu menyelamatkan gawang PSM.
Borneo terus memburu gol kemenangan. Namun, serangan-serangan Borneo kerap kandas di hadapan kiper Hilman Syah. Sementara itu, PSM kesulitan menemukan celah untuk memecah kebuntuan. Alhasil skor 2-2 bertahan sampai laga selesai.
ADVERTISEMENT
***