kumparan
19 November 2018 18:40

Hasrat Kimmich Bawa Jerman Tutup Tahun dengan Hasil Bagus

Jerman vs Rusia
Para pemain Jerman meryakan gol Niklas Sule ke gawang Rusia. (Foto: REUTERS/Matthias Rietschel)
"Mari selesaikan tahun ini dengan posisi yang lebih baik lagi," tulis akun Twitter Federasi sepak bola Jerman (DFB).
ADVERTISEMENT
Tidak mengherankan memang karena Jerman sangat terpuruk sekali di tahun ini. Di semua ajang yang termasuk uji tanding di dalamnya, Jerman hanya menang tiga kali.
Salah satu prestasi buruk yang ditorehkan Jerman alami tahun ini adalah Piala Dunia 2018. Mereka terhenti di fase grup untuk kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan di turnamen empat tahunan tersebut. Semakin tercoreng pamor Jerman karena mereka adalah juara edisi sebelumnya.
Tren buruk Jerman berlanjut usai Piala Dunia. Di UEFA Nations League, Die Mannschaft tidak bisa bangkit. Hanya ada 1 poin dari 3 laga yang dimainkan pasukan Joachim Loew. Tak pelak, Jerman terdegradasi dari Liga A ke Liga B.
Kendati begitu, Jerman masih memiliki kans untuk mengobati duka tahun ini. Di laga pamungkas pada 2018, mereka akan menghadapi Belanda di Veltins Arena, Selasa (20/11/2018) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Tak ada lagi target kompetitif yang dikejar memang, tetapi bek kanan Jerman, Joshua Kimmich tetap mengejar tripoin. Semua demi menutup tahun dengan baik dan mencari pelipur lara atas rangkaian hasil minor pada 2018.
"Terlepas dari posisi di papan klasemen, kami ingin meraih kemenangan di pertandingan nanti. Kami memang terganggu dengan posisi saat ini, tetapi tidak bisa melakukan apa-apa. Bagaimanapun kami ingin mengakhiri tahun ini dengan hasil bagus," ucap Kimmich dilansir situs resmi DFB.
Belanda vs Jerman
Duel sengit Frenkie De Jong dengan Joshua Kimmich kerap terjadi di lini tengah. (Foto: REUTERS/Piroschka Van de Wouw)
Untuk pertandingan nanti, hanya kemenangan yang ada di kepala Kimmich. Potensi menjalani laga dengan ban kapten melingkar di lengannya juga tak dipikirkan pemain Bayern Muenchen ini. Ya, Kimmich memang menjadi deputi dari kapten Manuel Neuer.
"Saya tidak berpikir tentang ban kapten saat ini. Saya hanya ingin menampilkan permainan yang baik. Saya sudah berada di sini dalam waktu yang lama dan itu merupakan sebuah kehormatan dari pelatih yang sudah percaya kepada saya," ucap Kimmich.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan