kumparan
Bola & Sports23 Oktober 2019 8:02

Hat-trick ke Gawang Club Brugge Bawa Mbappe Lewati Messi

Konten Redaksi kumparan
Kylian Mbappe (P)
Kylian Mbappe berhak membawa pulang bola pertandingan vs Club Brugge. Foto: AFP/Kenzo Tribouillard
Nama Kylian Mbappe tidak tertera dalam daftar sebelas awal yang diturunkan Paris Saint-Germain dalam pertandingan melawan Club Brugge, Rabu (23/10/2019) dini hari WIB. Namun, di akhir laga, namanyalah yang paling ramai diperbincangkan.
ADVERTISEMENT
Dalam pertandingan itu pelatih PSG, Thomas Tuchel, menerjunkan trio Eric Choupo-Moting, Mauro Icardi, dan Angel Di Maria di lini depan. Penampilan mereka pun tak buruk. Di Maria berkontribusi lewat 3 assist, Icardi lewat 2 gol.
Namun, itu semua tidak sehebat apa yang dilakukan Mbappe.
Mbappe sendiri tidak dimainkan sebagai starter karena kondisinya belum pulih seratus persen usai mengalami cedera paha. Dia sebenarnya sudah turun pada laga Ligue 1 melawan Nice akhir pekan lalu tetapi dinilai belum siap bermain penuh 90 menit.
Kylian Mbappe (C)
Kylian Mbappe mencatatkan berbagai rekor lewat hat-trick ke gawang Club Brugge. Foto: Reuters/Francois Renoir
Akhirnya, Tuchel pun baru memasukkan Mbappe pada menit ke-52 menggantikan Choupo-Moting. Usai menginjakkan kaki di lapangan, Mbappe pun menggila. Total 3 gol dan 1 assist berhasil dicatatkan mantan pemain Monaco tersebut.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, Mbappe pun sukses membukukan beberapa rekor penting.
Pertama, dia berhasil menjadi pemain termuda yang bisa mencetak 15 gol di Liga Champions. Di usia 20 tahun & 306 hari, Mbappe mengungguli Leo Messi (21 tahun & 288 hari) serta Raul Gonzalez (22 tahun & 163 hari).
Kemudian, Mbappe menjadi satu-satunya pemain di Liga Champions dalam sepuluh tahun terakhir yang mampu mencetak 4 gol sebagai pemain pengganti. Dia juga jadi pemain pengganti pertama yang bisa mencetak hat-trick Liga Champions sejak Joseba Llorente (Villarreal) pada 2008.
Kylian Mbappe
Kylian Mbappe mencetak gol ke gawang Club Brugge. Foto: Reuters/Francois Renoir
Terakhir, hat-trick Mbappe ke gawang Club Brugge ini adalah hat-trick tercepat yang bisa dibukukan seorang pemain pengganti. Tercatat, striker Timnas Prancis ini mencetak tiga gol dalam kurun waktu hanya 31 menit.
ADVERTISEMENT
Keberhasilan Mbappe ini pun mendapat sambutan meriah dari kapten PSG, Thiago Silva. "Aku senang atas keberhasilan Kylian. Dia kembali dari cedera dan langsung mampu membuat impak. Dia memang selalu begitu," katanya kepada RMC.
"Kami kehabisan kata-kata untuk mendeskripsikan dirinya. Kita semua melihat Kylian Mbappe yang hebat malam ini. Kualitas teknik dan kecepatannya benar-benar luar biasa," tambah eks pemain Milan tersebut.
Bagi PSG, kemenangan atas Club Brugge ini mengokohkan mereka di puncak klasemen dengan koleksi 9 poin. Les Parisiens untuk sementara unggul 5 poin atas Real Madrid yang nangkring di urutan kedua.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan