kumparan
Bola & Sports24 Oktober 2019 13:23

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Adalah Momen Bersejarah

Konten Redaksi kumparan
Logo Piala Dunia U-20 di Indonesia.
PSSI rilis logo Piala Dunia U-20. Foto: PSSI
FIFA secara resmi mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Kabar bahagia itu disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam sesi konferensi pers seusai pertemuan Dewan FIFA di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019).
ADVERTISEMENT
Indonesia berhasil memenangi persaingan dengan Brasil dan Peru. Brasil sendiri memutuskan mundur pada 23 Oktober karena merasa punya peluang kecil.
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang turut hadir dalam pertemuan Dewan FIFA itu menuturkan bahwa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 merupakan momen bersejarah.
“Setelah beberapa kali mendapatkan kepercayaan dari komunitas sepak bola Asia, kali ini PSSI naik level dengan mendapatkan kepercayaan dari keluarga sepak bola internasional setelah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," ujar Tisha.
Tisha juga melayangkan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, kementerian terkait, dan pemerintah daerah yang berkomitmen mendukung menjadi tuan rumah. Komitmen pemerintah dalam bentuk penandatanganan surat jaminan dukungan memang menjadi syarat dari FIFA.
ADVERTISEMENT
Timnas Ukraina juarai Piala Dunia U-20
Timnas Ukraina saat menjuarai Piala Dunia U-20 2019 Foto: REUTERS/Kacper Pempel
“Alhamdulillah kerja keras kita membuahkan hasil. Presentasi kami dinilai dan diterima baik oleh FIFA. PSSI mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan dukungan penuh kepada PSSI. Apresiasi juga untuk kementerian terkait dan kepala daerah yang berkomitmen untuk membantu PSSI mewujudkan mimpi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” kata Tisha.
Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah menjadi kado istimewa Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru, Zainudin Amali. Rencananya, Zainudin akan langsung menghubungi Tisha siang ini.
“Alhamdulillah, Pak Menteri mendapat kado istimewa dari FIFA karena baru saja diperoleh informasi bahwa dalam pertemuan Dewan FIFA di China, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dukungan surat jaminan yang ditandatangani Bapak Presiden pada 7 Agustus, beberapa Menteri, dan Kapolri yang dikirimkan pada 28 Agustus pukul 23.30 WIB telah mendukung keberhasilan Indonesia. Jam 13.30 WIB akan ada video conference langsung antara Pak Menteri dengan Ibu Sekjen PSSI,” tutur Gatot S. Dewo Broto, Sekretaris Menpora.
ADVERTISEMENT
Gatot juga tak luput mengucapkan terima kasih untuk Menteri Luar Negeri dan para Duta Besar Indonesia serta para Menteri Olahraga se-ASEAN yang hadir di Manila pada 9 Oktober lalu. Menurut Gatot, pertemuan itu berpengaruh sangat besar untuk dukungan Indonesia menjadi tuan rumah.
Indonesia mengajukan 10 stadion sebagai venue Piala Dunia U-20. Nantinya, FIFA akan memilih stadion mana yang akan dipakai.
Kesepuluh stadion yang dimaksud ialah Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan