Bola & Sports
·
26 Oktober 2020 19:32

Indra Sjafri Ungkap Rutin Tukar Pikiran dengan Shin Tae-yong, Bahas Apa Saja?

Konten ini diproduksi oleh
Indra Sjafri Ungkap Rutin Tukar Pikiran dengan Shin Tae-yong, Bahas Apa Saja? (66438)
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri bersama pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong saat berad di Kroasia. Foto: Dok: Pribadi
Indra Sjafri tampak membagikan momen tengah berdiskusi dengan Shin Tae-yong seusai rampungnya pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.
ADVERTISEMENT
Melalui Twitter-nya, Direktur Teknik (Dirtek) PSSI itu mengunggah foto tengah berpose bersama Shin dan dua staf kepelatihan. Unggahan itu mendapat respons positif dari warganet yang melihatnya sebagai sebuah sinergi positif.
Lantas, apa sebenarnya yang dibicarakan Indra dengan Shin?
Diskusi tersebut dilakukan menjelang kepulangan Timnas U-19 ke Indonesia. Rombongan ‘Garuda Muda’ dijadwalkan pulang pada Senin (26/10) malam waktu setempat.
“Kami sedang membahas soal road map Timnas U-19," ujar Indra kepada kumparan ketika ditanya mengenai unggahannya tersebut, Senin (26/10).
"Sebenarnya, diskusi seperti ini rutin saya lakukan dengan Shin tentang banyak hal, mulai dari seputar timnas dan persepak bolaan Indonesia,” lanjutnya.
Sebelumnya, Timnas U-19 dijadwalkan mengikuti Turnamen Toulon yang berlangsung di Prancis pada Desember mendatang. Akan tetapi, turnamen edisi ke-43 itu resmi dibatalkan menyusul kondisi pandemi virus corona di Prancis yang belum reda.
Indra Sjafri Ungkap Rutin Tukar Pikiran dengan Shin Tae-yong, Bahas Apa Saja? (66439)
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri bersama pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong saat berad di Kroasia. Foto: Dok: Pribadi
Terkait hal ini, Indra dengan Shin masih mencari solusi terbaik untuk mengisi jadwal Timnas U-19 yang sebelumnya dijadwalkan ke Prancis tersebut. Beberapa opsi sempat muncul, termasuk melakoni pemusatan latihan di Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
“Terkait TC (Training Center) di Yogya masih kami diskusikan sampai saat ini,” kata eks pelatih Timnas U-19 dan U-23 itu.
Tak hanya itu, Indra yang menjadi peserta dalam pertemuan daring dengan Departemen Teknik FIFA pada 12-15 Oktober lalu, juga turut mengajak Shin.
“Dalam pertemuan dengan FIFA itu, PSSI sudah memaparkan apa saja program Direktur Teknik. Saya juga mengajak Shin ke pertemuan itu, ini sebagai bentuk sinergitas Dirtek dengan pelatih timnas, bagaimana kami menyelaraskan program sehingga berjalan dengan baik,” ucap Indra.
Selain berdiskusi dengan Shin, Indra juga menggelar pertemuan dengan Dirtek Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) pada bulan lalu. Sementara, pekan lalu, ia bertemu dengan Direktur Pengembangan Usia Muda HNS dan Direktur Akademi Dinamo Zagreb.
ADVERTISEMENT
“Ini jadi salah satu amanat Ketua Umum (PSSI, M. Iriawan) kepada saya selama di Kroasia. Bagaimana kami bekerja sama dan berkolaborasi dengan federasi sepak bola lain, hal-hal apa saja yang baik dari program mereka yang bisa mendukung program PSSI,” kata Indra.
“Kami banyak berbincang terkait permasalahan grassroot dan pembinaan usia muda. Karena komitmen mereka dalam melakukan pembinaan usia muda yang berjenjang secara rapi,” pungkasnya.