Ini Target Realistis Shin Tae-yong di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia

15 Juni 2024 14:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat melawan Timnas Filipina pada pertandingan lanjutan Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).
 Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat melawan Timnas Filipina pada pertandingan lanjutan Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Shin Tae-yong memandang kans realistis Timnas Indonesia di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Baginya, amat sulit jika 'Garuda' mematok target finis peringkat 1-2 di grup nanti.
ADVERTISEMENT
Nantinya, laga Ronde 3 digelar dengan sistem kandang dan tandang. Dua tim teratas setiap grup akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026, sedangkan tim peringkat ketiga dan keempat akan berjuang lagi di Ronde Keempat, sedangkan tim posisi lima dan enam sudah pasti tersingkir.
Nah, Shin melihat peluang Timnas Indonesia bisa finis ketiga atau keempat. Bagi pelatih asal Korea Selatan (Korsel) tersebut, rencana itu paling realistis.
"Faktanya, peringkat FIFA Indonesia adalah yang terendah di antara 18 negara yang lolos ke Ronde 3. Anda harus berharap keajaiban untuk bisa melaju ke putaran final Piala Dunia," kata Shin kepada media Korsel, Yonhap.
Pemain Timnas Indonesia Rizky Ridho selebrasi usai cetak gol ke gawang Timnas Filipina pada pertandingan lanjutan Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
"Kami dapat mencoba untuk mendapatkan posisi ke-3 atau ke-4, lalu kami dapat mengincar berjuang di Ronde 4. Kami bahkan memikirkan babak playoff,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena Indonesia berada di ranking 134 FIFA. Dan sebenarnya, bukan tim yang paling buruk karena masih ada Kuwait yang menempati ranking 139.
Pengundian grup Ronde 3 akan dilakukan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia. Terkait pengundian, ada 6 pot yang terdiri dari 3 tim dan Indonesia berada di pot 6 bersama Korut dan Kuwait. Dengan situasi tersebut, Indonesia bisa saja segrup dengan negara-negara kuat, misalnya Australia, Korsel, bahkan Jepang.
Adapun kalau benar skenarionya adalah Timnas Indonesia harus berjuang di Ronde 4, nanti sistem kompetisinya akan dibagi ke dalam 2 grup berisi 3 tim. Juara grup akan ke putaran final Piala Dunia, sedangkan runner up grup akan berduel di Ronde 5.
ADVERTISEMENT
Pemenang duel Ronde 5 akan mengikuti playoff antarkonfederasi. Wakil Asia akan bergabung dengan satu tim masing-masing dari CAF (Afrika), CONMEBOL (Amerika Selatan), OFC (Oseania) dan dua dari CONCACAF (Amerika Tengah-Utara) di playoff antarkonfederasi.