kumparan
2 November 2019 15:01

Iwan Bule: Ini Kemenangan Insan Sepak Bola Indonesia

Lipsus PSSI, Komjen M Iriawan
Calon Ketua Umum PSSI, Komjen M Iriawan (Iwan bule) saat ditemui kumparan di kawasan Monas. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Mochamad Iriawan, alias Iwan Bule, menang mutlak dalam pemilihan Ketua Umum PSSI di Kongres Luar Biasa, Sabtu (2/11/2019). Usai terpilih, Iwan mengatakan bahwa kemenangan ini adalah 'kemenangan insan sepak bola Indonesia'.
ADVERTISEMENT
Sebanyak 82 suara didapatkan Iwan dalam pemilihan Ketua Umum tersebut. Dengan demikian, dia sukses mengalahkan dua calon lain, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono.
Sebenarnya, ada 11 calon Ketua Umum yang lolos verifikasi Komite Pemilihan PSSI. Namun, delapan orang mengundurkan diri. La Nyalla Mattalitti menyatakan tidak mau terlibat dalam KLB ini, sementara tujuh calon lain mundur pada Hari-H.
"Ini bukan kemenangan saya, tapi kemenangan insan sepak bola Indonesia. Tentunya, semua bertekad untuk memajukan sepak bola yang kita cintai," kata Iwan kepada awak media.
Iwan juga mengatakan bahwa setelah ini dia akan langsung bertemu dengan perwakilan FIFA. Pertemuan ini diselenggarakan untuk membahas persiapan Piala Dunia U-20 2021.
"Saya [bakal] ketemu FIFA di Bangkok, secara khusus membahas Piala Dunia U-20 2021. Jadi, ini pekerjaan besar buat kita semua," tutur Iwan.
ADVERTISEMENT
"Teman-teman voters, insan sepak bola semuanya, ini yang membuat kamu bekerja maksimal. Semuanya dengan bantuan dari mereka," tambahnya.
Untuk menjalankan tugas sebagai Ketua Umum PSSI, Iwan Bule akan dibantu oleh dua wakil, Cucu Sumantri dan Iwan Budianto. Mereka mengalahkan 13 calon lain dalam pemilihan yang dilangsungkan setelah pemilihan Ketua Umum.
Ketua Umum PSSI 2019-2023.
Ketua Umum PSSI 2019-2023. Foto: Nadia P/ kumparan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan