kumparan
20 Juni 2018 10:48

Jadwal Piala Dunia 2018: Portugal dan Spanyol Buru Kemenangan Pertama

Spanyol vs Portugal
Portugal vs Spanyol. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)
Piala Dunia 2018 bakal menyajikan satu pertandingan Grup A dan dua partai Grup B dari Rabu (20/6/2018) malam WIB sampai Kamis (21/6) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Dari Grup A, Tim Nasional (Timnas) Uruguay berupaya mengejar kemenangan kedua saat melawan Arab Saudi di Rostov Arena pada Rabu pukul 22:00 WIB. Raihan tripoin kedua bakal memastikan laju La Celeste ke babak 16 besar.
Sementara di Grup B, Portugal dan Spanyol mengejar kemenangan pertama setelah cuma bermain imbang 3-3 saat kedua tim berjumpa di matchday pertama. Rabu pukul 19:00 WIB, Portugal ditantang Maroko di Luzhniki Stadium. Kemudian pada Kamis pukul 01:00 WIB, giliran Spanyol yang melawan Iran di Kazan Arena.
Portugal vs Maroko
Timnas Portugal memiliki memori pahit tentang Maroko. Saat kedua tim bersua putaran final Piala Dunia 1986, Selecao das Quinas tumbang dengan skor 1-3.
Itu dulu. Portugal kini adalah tim yang berbeda, sang juara Eropa. Cristiano Ronaldo dan kolega mengonfirmasi bahwa mereka pantas menyandang predikat tersebut dengan permainan apik saat bermain imbang 3-3 dengan Spanyol.
ADVERTISEMENT
Dalam partai kontra Spanyol, Portugal dan Ronaldonya juga bermain efektif dalam hal konversi peluang. Dari 3 upaya tepat sasaran, semuanya berbuah gol. Sebaliknya, Maroko gagal mencetak gol dari 3 percobaan ke gawang Iran sehingga takluk 0-1.
Menilik perbedaan efektivitas dan kesenjangan materi, Portugal berpeluang mengunci kemenangan. Sebuah raihan wajib untuk melebarkan jalan mereka ke babak 16 besar.
cristiano ronaldo
Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Spanyol. (Foto: Hannah McKay/Reuters)
Uruguay vs Arab Saudi
Setelah meraup kemenangan kedua di Grup A saat melawan Mesir, awak Timnas Rusia bakal menantikan duel antara Uruguay dan Arab Saudi. Sebab, hasil pertandingan di Rostov Arena ini turut menentukan langkah tuan rumah ke babak 16 besar.
Berbekal raihan enam poin dari dua laga, Rusia hampir mengunci satu tiket ke babak selanjutnya. Namun, secara matematis, mereka masih bisa dikejar oleh Arab Saudi. Maka itu, kemenangan Uruguay atau hasil imbang di Rostov Arena bisa memastikan langkah Rusia ke fase gugur.
ADVERTISEMENT
Sementara bagi Timnas Uruguay, kemenangan atas Arab Saudi juga bisa memastikan laju mereka ke babak 16 besar. Raihan enam poin tidak mungkin lagi dikejar oleh Arab Saudi atau Mesir. Dengan begitu, Uruguay dan Rusia tinggal mengejar status juara grup saat keduanya bertemu pada matchday pamungkas.
Bicara soal peluang menang, Uruguay tentu diunggulkan. Telah terlihat betapa lemah wakil Asia tersebut saat takluk 0-5 dari Rusia. Mereka mampu menguasai pertandingan, tetapi menyoal build-up serangan dan penciptaan peluang, skuat besuta Juan Antonio Pizi sungguh buruk.
Melihat tren Arab Saudi yang terbiasa menjadi lumbung gol di putaran final Piala Dunia, duet striker Uruguay, Edinson Cavani dan Luis Suarez, pantas tersenyum. Inilah kesempatan mereka memburu gol setelah menuai kegagalan saat melawan Mesir di matchday pertama.
ADVERTISEMENT
Jadwal Grup A
Jadwal Grup A (Foto: Basith S./kumparan)
Iran vs Spanyol
Matchday pertama Grup B terasa spesial buat Timnas Iran. Melawan Maroko, mereka merebut kemenangan perdana di putaran final Piala Dunia sejak edisi 1998.
Namun, sukacita publik Iran besar kemungkinan tidak berlanjut. Sebab, lawan mereka untuk matchday kedua adalah juara Piala Dunia 2010, Timnas Spanyol.
Telah terbukti tidak ada yang berubah dari permainan La Furia Roja meski mengalami pergantian pelatih secara mendadak. Di bawah Fernando Hierro yang menjadi suksesor darurat Julen Lopetegui, Spanyol masih bertaji lewat permainan dari kaki ke kaki.
Hanya satu yang kurang dari Spanyol, yakni kemenangan. Itulah yang coba dikejar saat Sergio Ramos dan kolega bersua Iran. Kemungkinan pun cukup besar mengingat kesenjangan besar di antara materi pemain kedua tim.
ADVERTISEMENT
Kemenangan juga menjadi harga mati buat Spanyol apabila ingin lolos ke babak 16 besar. Terpeleset melawan Iran berarti memberikan beban berat kepada anak-anak asuh Hierro untuk merebut kemenangan di matchday pamungkas.
Piala Dunia 2018
Jadwal Laga Grup Piala Dunia 2018. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan