Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF Mepet Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia

21 Mei 2024 19:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Timnas Indonesia vs Irak dalam matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023). Foto: dok PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Timnas Indonesia vs Irak dalam matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023). Foto: dok PSSI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Drawing Piala AFF 2024 sudah terlaksana pada Selasa (21/5) siang WIB di Hanoi, Vietnam. Turnamen Antarnegara Asia Tenggara itu digelar pada 23 November-21 Desember mendatang.
ADVERTISEMENT
Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar dan Laos. Sementara. Grup A diisi oleh Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura dan Brunei/Timor Leste.
Namun, Indonesia tampaknya akan sulit menurunkan kekuatan terbaik saat Piala AFF nanti. Pasalnya, jadwal Timnas Indonesia akan padat pada November nanti jika lolos ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Duel pemain Timnas Indonesia saat melawan Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Foto: PSSI
Jadi, Piala AFF akan dimulai pada 23 November hingga 21 Desember 2024. Sementara, matchday kelima dan keenam Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia akan bergulir masing-masing pada 14 dan 19 November mendatang.
Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke Ronde Ketiga Piala Dunia. Skuad 'Garuda' hanya membutuhkan satu kemenangan dari dua laga tersisa, yakni melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno.
ADVERTISEMENT
Yang pasti, Shin Tae-yong sulit berharap bisa memainkan pemain tim luar negeri di Piala AFF karena turnamen itu bukan agenda FIFA, sehingga sulit meminta kesediaan klub luar negeri melepas pemain. Dengan situasi ini, Timnas Indonesia bisa saja menurunkan dua tim berbeda untuk dua kompetisi itu.
Andai tidak ada target khusus di Piala AFF, Shin Tae-yong bisa bereksperimen pakai skuad agak berbeda dengan tim Kualifikasi Piala Dunia. Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari PSSI terkait saling berdekatannya jadwal dua turnamen itu.