Bola & Sports
·
10 Agustus 2020 16:48

Jelang Barcelona vs Bayern Muenchen: Adu Jago Messi vs Lewandowski

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jelang Barcelona vs Bayern Muenchen: Adu Jago Messi vs Lewandowski (1142)
Pemain Bayern Muenchen Robert Lewandowski melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea di Allianz Arena, Munchen, Jerman, Sabtu (8/8). Foto: Michael Dalder/REUTERS
Setelah sekian lama tak bersua, Barcelona dan Bayern Muenchen kembali dipertemukan di panggung Eropa. Sorotan, tentu saja, akan tertuju kepada Lionel Messi dan Robert Lewandowski. Keduanya dipercaya bisa menentukan nasib tim masing-masing.
ADVERTISEMENT
Barcelona bakal meladeni Bayern Muenchen di Lisbon, Portugal, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB dalam laga perempat final. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini pertandingan akan menggunakan format satu leg demi efisiensi waktu.
Laga nanti digadang-gadang akan menjadi panggung pertunjukan bagi Messi dan Lewandowski. Ya, keduanya merupakan pencetak gol terbanyak dari masing-masing tim.
Jelang Barcelona vs Bayern Muenchen: Adu Jago Messi vs Lewandowski (1143)
Lionel Messi, pemain Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea
Mengutip Transfermarkt, Messi dan Lewandowski memang jarang bertemu di Liga Champions. Satu-satunya kesempatan kedua pemain itu bersua terjadi pada babak semifinal musim 2014/15. Pada leg pertama di markas Barcelona di Camp Nou, Messi berhasil jadi bintang dengan mencetak dua gol dan satu assist. Barcelona menang 3-0.
Di leg kedua, Lewandowski berhasil menyumbang satu gol. Bayern berhasil menang 3-2 atas Barcelona. Namun, mereka tetap tersisih setelah kalah agregat 3-5.
ADVERTISEMENT
Jelang pertemuan dua pemain hebat ini, mari kita bedah torehan keduanya sejauh ini.
Jelang Barcelona vs Bayern Muenchen: Adu Jago Messi vs Lewandowski (1144)
Pemain Barcelona Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Napoli di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Sabtu (8/8). Foto: Albert Gea/REUTERS
Bagi Lewandowski, musim ini bisa dibilang adalah yang terbaik baginya. Setelah membawa klubnya memenangi dua gelar domestik, bomber asal Polandia itu sudah mencetak total 53 gol di semua kompetisi sejauh ini. Rinciannya adalah 34 gol di Bundesliga, 13 gol di Liga Champions dan 6 gol di DFB Pokal.
Ia berhasil jadi top skorer di kompetisi domestik dan sedang menempati urutan teratas daftar sementara pencetak gol terbanyak di Liga Champions. Sayangnya, Lewandowski dikalahkan oleh Ciro Immobile dalam perburuan sepatu emas Eropa. Striker no.9 Bayern itu bakal jadi musuh utama barisan lini belakang Barcelona.
Soal catatan gol, Messi sebenarnya tak kalah jauh dari Lewandowski. Ia sudah mencetak 31 gol di semua kompetisi, plus mencatatkan 27 assist.
Jelang Barcelona vs Bayern Muenchen: Adu Jago Messi vs Lewandowski (1145)
That happy face. Foto: Christof STACHE / AFP / POOL
La Pulga juga berhasil jadi top skorer Liga Spanyol dengan 25 gol. Selain itu, Messi pun menjadi pencetak assist terbanyak dengan 22 kali di kompetisi tersebut. Namun di ajang Liga Champions, ia baru membuat 3 gol.
ADVERTISEMENT
Pada intinya, perihal pentingnya peran untuk masing-masing tim, mereka berdua nyaris tak tergantikan. Lewandowski terlibat langsung dalam 54% total gol Bayern, sedangkan Messi terlibat pada total 53% gol.
Kira-kira siapa yang bakal tersenyum di akhir laga nanti? Messi atau Lewandowski?
Penulis: Alvin Ferizky