kumparan
search-gray
Bola & Sports28 Oktober 2019 7:16

Jelang Persib vs Persija, Tavares Kesampingkan Masalah Eksternal

Konten Redaksi kumparan
Jelang Persib vs Persija, Tavares Kesampingkan Masalah Eksternal (1066429)
Pemain Persib dan Persija berduel. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Pekan 25 Liga 1 2019 akan mempertemukan salah dua tim besar Indonesia. Mereka adalah Persib Bandung dan Persija Jakarta.
ADVERTISEMENT
Laga ini akan dilaksanakan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (28/10/2019) sore. Semestinya, laga ini digelar di Bandung karena status Persib selaku tuan rumah.
Namun, izin keramaian yang tidak turun memaksa Persib mencari venue lain. Alasan polisi tidak menurunkan izin keramaian adalah untuk menjaga agar wilayah Jawa Barat tetap kondusif.
Laga Persib melawan Persija sarat rivalitas, terutama di level suporter. Setiap Persib dan Persija bertemu, kondisi itu selalu menjadi fokus.
Pelatih anyar Persija, Edson Tavares, tidak menutup mata. Namun, ia tidak ingin menjadikan persoalan rivalitas sebagai fokus. Ia menempatkan laga melawan Persib serupa laga lainnya, laga yang mesti dimenangi.
Jelang Persib vs Persija, Tavares Kesampingkan Masalah Eksternal (1066430)
Pelatih Persija, Edson Tavares, dan pemain Persija, Fachruddin Aryanto, dalam sesi jumpa pers. Foto: Dok. Media Persija
"Sebagai pelatih, apalagi saya pelatih asing, setiap pertandingan itu sama saja. Jadi pertandingan lawan Persib adalah sebatas laga melawan tim dari divisi yang sama," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers selepas laga.
ADVERTISEMENT
"[Untuk hubungan antar pemain Persib dan Persija] tidak ada masalah. Itu masalah antara fans, bukan pemain. Saya tidak mau masuk ke dalam masalah ini," lanjutnya.
Alih-alih memikirkan faktor eksternal, Tavares fokus pada persiapan tim. Selepas laga pekan 24 melawan PSS Sleman, Persija hanya memiliki waktu tak lebih dari empat hari untuk mempersiapkan diri menghadapi Persib.
Bukan cuma itu. Ketidakpastian soal venue juga memengaruhi masa persiapan Persija.
"Adalah hal sulit untuk bicara persiapan di Indonesia [Liga 1] ketika kamu bermain setiap tiga hari sekali. Kadang kamu tak tahu akan bermain di mana. Sampai kemarin (Sabtu, 27/10), kami belum tahu bakal main di Bali," jelas Tavares.
Jelang Persib vs Persija, Tavares Kesampingkan Masalah Eksternal (1066431)
Fachruddin Aryanto, pemain Persija, dalam sesi jumpa pers. Foto: Dok. Media Persija
"Jadi sulit sekali bicara persiapan tim dengan kondisi seperti ini. Namun, kami akan mencoba yang terbaik. Semoga besok tim kami bisa tampil oke," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Pemain Persija, Fachruddin Aryanto, sepakat dengan Tavares. Ia menegaskan bahwa tim siap memberi yang terbaik. Terlebih, ini menjadi pertama kalinya Fachrudin merasakan atmosfer laga Persib melawan Persija.
"Tujuan kami yang pertama, seperti pertandingan sebelumnya, yaitu untuk memperbaiki peringkat Persija yang masih di bawah. Tim sendiri dalam kondisi baik saat ini," ujar Fachruddin.
"Fokus setelah lawan PSS adalah recovery karena kami main empat hari sekali. Mudah-mudahan besok kami diberi kemudahan untuk mendapat hasil maksimal," tambahnya.
***
Pertandingan Liga 1 2019 antara Persib dan Persija akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin (28/10/2019). Sepak mula berlangsung pada 15.30 WIB.