Bola & Sports
·
6 Agustus 2020 18:41

Jelang Piala Dunia U-20, Stadion GBT Masih Bau Sampah? Ini Kata Risma

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jelang Piala Dunia U-20, Stadion GBT Masih Bau Sampah? Ini Kata Risma (37668)
Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan mencatatkan sejarah usai ditunjuk sebagai venue Piala Dunia U-20 2021. Akan tetapi, ada satu masalah yang dinilai mengganjal yakni terkait kondisi lingkungan sekitar.
ADVERTISEMENT
Ya, seakan sudah menjadi rahasia umum bahwa bau sampah kerap tercium di stadion kebanggaan masyarakat Surabaya itu. Hal tersebut tak lepas dari letak stadion yang berdekatan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.
Menyikapi hal itu Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, menyatakan pihaknya menjamin bahwa bau sampah tersebut sudah teratasi. Pasalnya, pihaknya kini telah melakukan inovasi dalam pengelolaan TPA.
“Jadi, kami satu-satunya di Indonesia yang pengelolaan TPA-nya menghasilkan energi listrik. Insya Allah nanti saya akan menghadapi Pak Presiden untuk bisa diresmikan karena pembangunan fisiknya sudah 100 persen,” ujar Risma di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (6/8).
“Dan, itu kalau terjadi di luar negeri, bahkan ada di tengah kota, itu pun tidak jadi masalah,” lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Hal itu diamini oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Ketika menghadiri laga pembuka Liga 1 2020 di Stadion GBT pada Februari lalu, ia mengaku tak mencium bau sampah.
Jelang Piala Dunia U-20, Stadion GBT Masih Bau Sampah? Ini Kata Risma (37669)
Menpora Zainudin Amali bertemu dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini membahas tuan rumah Piala Dunia U-20 di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Foto: Kemenpora
“Dari sore sampai malam, konon katanya di situ gangguannya (bau sampah). Tapi, saya merasakan dari beberapa jam di sana pada saat pembukaan liga, itu tidak ada masalah sama sekali. Kami juga mendapat info dari Ibu Walikota, katanya kalau ada masalah pasti warga di situ langsung protes,” kata Zainudin.
“Saya perlu luruskan bahwa GBT sangat layak dengan urusan lingkungan, sudah beres. Apalagi ditangani oleh Ibu Walikota dengan serius. Jadi, karena saya langsung hadir di situ pada saat pembukaan Liga 1 dan enggak ada masalah, enggak ada bau,” tandasnya.
Jelang Piala Dunia U-20, Stadion GBT Masih Bau Sampah? Ini Kata Risma (37670)
Jelang bidding venue piala dunia U-20 tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal merenovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) awal tahun 2020. Foto: Dok. Istimewa
Risma bertemu dengan Zainudin di Kantor Kemenpora sehubungan dengan persiapan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Selain Surabaya, lima stadion juga telah ditunjuk sebagai venue yakni Stadion Jakabaring, Gelora Bung Karno, Si Jalak Harupat, Manahan, dan Kapten I Wayan Dipta.
ADVERTISEMENT