Bola & Sports17 September 2020 13:46

Jika Piala Dunia U-20 Diundur, Apa Langkah Pemerintah?

Konten Redaksi kumparan
Jika Piala Dunia U-20 Diundur, Apa Langkah Pemerintah? (1068967)
Pendukung Timnas Indonesia di dalam stadion jelang pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Pandemi COVID-19 telah membuat beberapa kegiatan olahraga tertunda. Paling baru, AFC selaku federasi sepak bola Asia menunda pergelaran Piala Asia U-16 dan U-19 yang akan dilaksanakan bulan Oktober dan November mendatang.
ADVERTISEMENT
Nah, COVID-19 juga berpeluang menunda penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia tahun depan. Meski belum ada keputusan, pemerintah sudah menyiapkan langkah jika kemungkinan itu terjadi.
"Saya kira sebagai penyelanggara kita menyiapkan diri untuk situasi yang ada. Situasi yang sudah diputuskan FIFA. Sekali lagi saya ingin menyampaikan ini adalah acara FIFA, jadi yang memutuskan tetap atau ada penundaan mereka," ujar Menpora, Zainudin Amali, Kamis (17/9).
Jika Piala Dunia U-20 Diundur, Apa Langkah Pemerintah? (1068968)
Menpora Zainudin Amali bertemu dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini membahas tuan rumah Piala Dunia U-20 di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Foto: Kemenpora
"Sebagai penyelanggara kita harus siap dengan situasi apapun dan pegangan kita tetap masih pada keputusan FIFA Mei dan Juni, kita belum siapkan plan lainnya, kalau mundur berarti tidak begitu sulit, yang sulit kalau maju," tambahnya.
Memang, masih ada waktu kurang lebih delapan bulan lagi sebelum kick off Piala Dunia U-20 itu dimulai. Babak kualifikasi untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke putaran final Piala Dunia pun belum dilakukan.
Jika Piala Dunia U-20 Diundur, Apa Langkah Pemerintah? (1068969)
Pendukung Timnas Indonesia dari bali di dalam stadion jelang pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
"Suasana pandemi di berbagai negara masih ada, pasti FIFA akan mempertimbangkan itu dan harus ada kualifikasi dulu kan. Kita belum tau kapan kualifikasi dari berbagai dunia itu. Yang pasti pesertanya kan Indonesia sebagai tuan rumah. Sementara 23 lainnya masih harus ditentukan dari kualifikasi," ucap Menpora.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Indonesia sudah bergegas untuk menyiapkan diri sebagai tuan rumah. Enam stadion dari tiga pulau sudah ditunjuk untuk melaksanakan even Piala Dunia itu tahun depan.
Keenam stadion yang sudah ditentukan itu ialah Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion I Wayan Dipta Bali.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white