kumparan
11 Oktober 2018 5:15

John Terry Siap Menjadi Pelatih, tapi Bukan untuk Aston Villa

John Terry
John Terry pada sebuah pertandingan bersama Aston Villa. (Foto: Reuters/Ed Sykes)
Senin (8/10/2018) dini hari WIB, John Terry mengumumkan pensiun jadi pemain sepak bola. Selama kurang lebih 20 tahun, Terry sudah malah melintang di klub-klub Inggris seperti West Ham United, Chelsea, dan Aston Villa.
ADVERTISEMENT
Namun, kiprah Terry di jagat sepak bola tak berhenti begitu saja. Pria berusia 37 tahun itu kini ditawari menjadi pelatih oleh klub terakhirnya yaitu Aston Villa.
Ya, baru-baru ini The Villans memecat Steve Bruce yang gagal mengangkat penampilan mereka. Hingga pekan ke-12 Championship Division, Aston Villa masih berada di posisi ke-12 dengan 15 angka. Jack Grealish dan kolega hanya mampu mengemas tiga kemenangan di kompetisi level kedua Inggris itu.
Kendati mendapat tawaran untuk menjadi pelatih Aston Villa, Terry tak mau terburu-buru untuk mengiyakannya. Pemain yang berhasil membawa Chelsea juara Liga Champions di musim 2011/12 ini mengaku masih membutuhkan waktu untuk berpikir.
"Saya siap untuk memulai lembaran baru dalam hidup saya. Mari melihat apa yang ada di depan. Saya berharap bisa membawa kesuksesan seperti ketika saya menjadi pemain," tutur Terry dilansir Sky Sports.
ADVERTISEMENT
"Saya mempunyai ambisi dan aspirasi untuk menjadi manajer dalam jangka waktu yang panjang. Tapi seperti yang saya katakan, saya membutuhkan waktu untuk berpikir. Itu yang menjadi penting bagi saya," tambah Terry.
Terry mengaku terinspirasi dengan mantan rekan setimnya yaitu Frank Lampard. Kini, Lampard menjadi pelatih Derby County yang berada di Championship Division.
Prestasi Lampard sebagai pelatih juga lumayan karena berhasil membawa Derby berada di posisi kedelapan dengan 18 angka. Selain itu, Lampard juga sukses membawa Derby melaju ke babak keempat Piala Liga Inggris usai mengalahkan Manchester United melalui babak adu penalti.
John Terry
John Terry dengan medali juara Premier League bersama Chelsea. (Foto: Getty Images/Michael Regan)
"Lampard adalah teman yang baik. Saya menyaksikan dia sebagai pelatih dan itu membuat saya memiliki ambisi untuk menjadi pelatih. Itu membutuhkan waktu yang lama," ucap Terry.
ADVERTISEMENT
Adapun, saat ini Terry dikabarkan telah menerima jabatan di Aston Villa. Akan tetapi, memang bukan sebagai pelatih, melainkan asisten pelatih. Terry akan bekerja sama dengan Dean Smith yang sebelumnya membesut Brentford.
Dalam karier sepak bolanya, Terry terbilang cukup sukses, khususnya ketika mengenakan seragam Chelsea. Bersama The Blues, Terry sukses meraih lima gelar Premier League, lima gelar Piala FA, tiga gelar Piala Liga, dan satu Liga Champions sert Liga Europa.
Sebagai seorang bek tengah, Terry juga terbilang subur. Total ada 66 gol yang ia raih dan 30 assist. Pada level Timnas Inggris, Terry juga bermain dalam dua Piala Dunia dan dua Piala Eropa. Total ada 78 caps yang Terry catatkan bersama Three Lions.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan