kumparan
5 Februari 2020 17:26

Jose Mourinho: Sangat Sulit untuk Menjuarai Piala FA

Harry Kane, Jose Mourinho (P)
Jose Mourinho menepuk pundak Harry Kane yang cedera hamstring. Foto: Reuters/Ian Walton
Satu yang paling utama diharapkan Tottenham Hotspur saat Jose Mourinho datang: Gelar juara. Sudah 24 kali dia meraih titel selama berkarier sebagai pelatih.
ADVERTISEMENT
Torehan itu sinkron dengan miskinnya raihan trofi Tottenham. Bayangkan saja, sudah 12 musim mereka puasa gelar. Kalaupun mendapat juara, itu cuma sekelas Piala Liga Inggris.
Realistis saja, kecil kans Tottenham untuk meraih gelar di musim ini. Premier League mustahil, pun dengan Liga Champions yang makin berat. Dengan tersingkirnya Hugo Lloris cs. di Piala Liga, praktis kini cuma Piala FA yang paling masuk akal buat mereka dapatkan.
Bayern Muenchen vs Tottenham Hotspur
Tottenham Hotspur saat dihajar Bayern Muenchen di Liga Champions. Foto: REUTERS/Andreas Gebert
Sayangnya, Mourinho tak mau menebar ekspektasi berlebih ke para penggemar Tottenham. Menurutnya, menjuarai Piala FA bukanlah hal yang gampang.
"Untuk memenangi Piala FA sangat, sangat sulit. Anda memiliki semua lawan dalam kompetisi," kata Mourinho dilansir Sky Sports.
CV Mourinho di pentas Piala FA juga tak cukup membanggakan. Cuma sekali dia pernah mengantar timnya juara turnamen tertua di dunia itu. Tepatnya saat masih membesut Chelsea di edisi 2006/07.
ADVERTISEMENT
"Anda juga bakal melawan tim bagus dengan impian tinggi seperti Southampton dan juga Sheffield United. Tim-tim ini dengan impian untuk memperjuangkannya juga, itu sangat sulit."
 Jose Mourinho
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Foto: REUTERS/Dylan Martinez
Piala FA memang relatif tricky buat tim-tim besar. Apalagi buat mereka yang masih berkompetisi di Liga Champions dan juga aktif dalam perburuan gelar Premier League.
Namun, bila tak lagi dibebani dengan tuntutan merengkuh gelar juara di dua turnamen tersebut, mestinya mereka bisa tampil optimal di Piala FA. Ya, seperti kondisi Tottenham sekarang.
Kamis (6/2/2022) dini hari WIB jadi penentuan buat Mourinho. Bila dia mampu membawa Tottenham menang atas Southampton, The Special One bakal melangkah ke babak kelima Piala FA.
ADVERTISEMENT
Meski bakal tampil di Tottenham Hotspur Stadium, duel ini tak akan berjalan mudah. Pasalnya, Southampton punya rekam jejak lumayan saat beradu dengan Tottenham.
Dalam empat perjumpaan lintas ajang, The Saints berhasil mengukir 2 kemenangan dan sekali imbang. Lha, Tottenham? Cuma sekali menang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan