kumparan
16 Februari 2020 12:05

Juergen Klopp Kaget Manchester City Dihukum UEFA

PTR, Leroy Sane, Manchester City
Leroy Sane kecewa. Foto: Reuters/Phil Noble
Manchester City baru saja mendapatkan hukuman dari UEFA akibat pelanggaran terhadap Financial Fair Play (FFP). Buat pelatih Liverpool, Juergen Klopp, hukuman UEFA terhadap City itu terasa mengejutkan.
ADVERTISEMENT
Hukuman yang dijatuhkan UEFA kepada City memang tak main-main. The Citizens dilarang berpartisipasi dalam dua edisi Liga Champions (2020/2021 & 2021/2022) mendatang. Selain itu, City juga harus membayar denda mencapai 30 juta euro kepada UEFA.
Keputusan UEFA untuk memberikan hukuman kepada City sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Pada 2018 lalu, Football Leaks sudah membocorkan bahwa City mengakali peraturan FFP lewat dana sponsor yang tidak normal.
Kendati begitu, Klopp tetap kaget akan keputusan UEFA ini. Sang pelatih mengakui bahwa ia memang tak terlalu mengetahui dengan detail soal peraturan tersebut. Namun, Klopp meyakini bahwa UEFA memiliki pertimbangan tersendiri.
Jurgen Klopp
Jurgen Klopp dan Pep Guardiola. Foto: Carl Recine/REUTERS
“Saya benar-benar terkejut ketika mendengar itu (City dihukum UEFA). Saya sebenarnya tak memiliki ide bagaimana ini bekerja. Namun, sebagai pelatih, tim City asuhan Pep Guardiola memainkan sepak bola yang luar biasa,” kata Juergen Klopp dikutip dari Sky Sports.
ADVERTISEMENT
“Saya tak bisa membayangkan ini untuk orang yang terlibat langsung di sepak bola. Mereka memercayai orang-orang di sekeliling mereka. Namun, UEFA melihat hal lain dan mereka harus berhadapan dengan ini.”
“Saya juga tak paham apa yang akan terjadi. City tentu saja akan mengajukan banding. Namun, pasti akan ada lebih banyak informasi dan orang yang membicarakan ini,” tambah pelatih asal Jerman itu.
Keputusan UEFA untuk melawan City tampil di dua edisi Liga Champions mendatang tentu berdampak besar buat orang-orang yang terlibat langsung di lapangan, utamanya Guardiola dan para pemain.
Guardiola sudah begitu lama tak berjaya di Liga Champions. Sementara, para bintang City seperti Raheem Sterling, Sergio Aguero, Kevin de Bruyne, Riyad Mahrez, dan Ederson Moraes tengah berada di puncak karier mereka. Liga Champions tentu menjadi target mereka semua dalam waktu dekat ini.
ADVERTISEMENT
Memang, Guardiola dan para pemain itu bisa menyelamatkan diri dari kapal yang tenggelam dengan pindah ke klub lain. Selain itu, jangan lupa bahwa hukuman ini masih bisa batal karena Manchester City bakal mengajukan banding.
Namun, tetap saja dampak yang diterima Guardiola dan para pemainnya besar. Guardiola sudah membangun City dengan pemain-pemain tersebut untuk bisa menjuarai Liga Champions. Dari situ, Klopp tak bisa menyembunyikan rasa kasihannya kepada mereka.
Liverpool vs Manchester City
Josep Guardiola dan Juergen Klopp di laga Liverpool vs Manchester City. Foto: REUTERS/Phil Noble
“Sejujurnya, saya kasihan terhadap Guardiola dan pemain-pemainnya. Mereka tak salah apa-apa. Mereka hanya bermain sepak bola, dan permainan mereka sensasional. Guardiola juga telah berkontribusi banyak untuk mengembangkan sepak bola Inggris.”
“Namun, ya, kita semua mesti menghormati peraturan yang ada. Saya benar-benar tak tahu apakah Manchester City melakukan pelanggaran itu. Namun, UEFA memiliki pendapat lain dan, ya, kita lihat saja apa yang akan terjadi,” pungkas Juergen Klopp.
ADVERTISEMENT
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.
Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule nya di SSCornerID.
Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.