kumparan
22 Oktober 2019 3:06

Kabar Buruk buat Bayern: Cedera ACL Hantam Niklas Suele

Niklas Suele (C)
Niklas Suele, bek andalan Bayern Muenchen dan Timnas Jerman. Foto: AFP/Christof Stache
Kabar buruk menghampiri Bayern Muenchen. Bek andalan mereka, Niklas Suele, harus menepi berbulan-bulan karena mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada pertandingan melawan Augsburg, Sabtu (19/10/2019).
ADVERTISEMENT
Pertandingan melawan Augsburg itu sendiri berakhir 2-2. Augsburg mencetak gol pada menit pertama sebelum Bayern membalas dengan dua gol. Namun, pada menit-menit akhir, Augsburg kembali mencetak gol untuk memaksakan hasil imbang.
Dalam Derbi Bavaria itu Suele hanya bertahan 12 menit di lapangan. Posisinya kemudian digantikan oleh David Alaba. Diketahui, Suele mengalami cedera ACL di lutut kirinya dan pada Minggu (20/10) bek 24 tahun itu langsung menjalani operasi.
Niklas Suele (C)
Niklas Suele cedera ACL. Foto: AFP/Christof Stache
Suele dibeli Bayern dari Hoffenheim pada Januari 2017. Akan tetapi, dia baru benar-benar bergabung enam bulan sesudahnya. Setelah sempat hanya menjadi cadangan bagi Mats Hummels dan Jerome Boateng, Suele kemudian mampu mencuri tempat di tim inti.
Seiring dengan kepulangan Hummels ke Borussia Dortmund dan semakin menurunnya Boateng, Suele makin tak tergantikan di sebelas utama Bayern. Musim ini dia sudah bermain 12 kali untuk Bayern di semua ajang, mulai dari Bundesliga, DFB-Pokal, DFL-Supercup, sampai Liga Champions.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, dipastikan Suele tidak akan ambil bagian dalam lawatan Bayern ke Piraeus untuk menghadapi Olympiacos di matchday ketiga Liga Champions, Rabu (23/10).
Dalam daftar skuat yang dibawa Bayern, ada nama Boateng yang sejauh ini baru bermain enam kali di semua ajang. Meski begitu, kemungkinan besar dalam pertandingan melawan Olympiacos nanti Niko Kovac tidak akan memainkan Boateng sejak awal.
Niklas Suele
Niklas Suele mendapat perawatan pada pertandingan vs Augsburg. Foto: Reuters/Michael Dalder
Benjamin Pavard dan Lucas Hernandez punya peluang paling besar untuk tampil di jantung pertahanan Bayern. Sementara itu, Joshua Kimmich akan kembali bermain sebagai bek kanan dan Alaba sebagai bek kiri.
Bagi Suele sendiri, cedera ACL ini bukan yang pertama dia derita. Empat tahun silam, pemain bertinggi 195 cm itu pernah juga mengalami cedera serupa, di lutut yang sama, saat masih membela Hoffenheim.
ADVERTISEMENT
Fakta itulah yang membuat masa pemulihan Suele diperkirakan bakal berlangsung lama. Bahkan, Presiden Bayern Uli Hoeness sampai berkata bahwa Suele lebih baik melupakan kans bermain di Piala Eropa 2020 mendatang.
Cedera Suele ini jelas merupakan pukulan telak bagi Bayern, terutama karena mereka punya stok amat tipis di lini belakang. Tidak menutup kemungkinan pada Januari 2020 nanti Die Roten akan membeli pemain untuk menambal lubang yang ada.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan