kumparan
30 November 2018 17:23

Kalahkan Mitra Kukar, Sriwijaya FC Keluar dari Zona Degradasi

Sriwijaya FC
Sriwijaya FC saat berlaga melawan Bali United. (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp/18)
Sriwijaya FC untuk sementara keluar dari zona degradasi. Kemenangan 3-1 atas Mitra Kukar di pekan ke-33 Go-Jek Liga 1, Jumat (30/11/2018) menjadi penyebabnya.
ADVERTISEMENT
Kemenangan itu membuat Sriwijaya FC naik ke posisi 15 klasemen sementara dengan 39 angka. Adapun, Mitar Kukar berada di atasnya dengan angka yang sama namun unggul selisih gol.
Gol-gol kemenangan Sriwijaya FC sendiri dicetak oleh Esteban Vizcara di menit ke-21, lalu Beto Goncalves di menit ke-48, dan Manu Dzalilov di menit ke-76. Mitra Kukar hanya bisa membalas melalui sundulan Mauricio Leal di menit ke-44.
***
Duel dua tim yang sedang berjuang di zona degradasi terjadi di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang. Sriwijaya FC selaku tuan rumah berhadapan dengan tim yang berposisi 14 Mitra Kukar.
Di laga kali ini, Alfredo Vera menampilkan skuat terbaik. Termasuk penyerang Timnas Indonesia, Alberto 'Beto' Goncalves yang baru balik usai tampil di Piala AFF. Beto tampil di lini depan bersama Manu Dzalilov dan Hambali. Pada pertandingan kali ini, Sriwijaya FC tampil dengan pola 4-3-3.
ADVERTISEMENT
Mitra Kukar juga tampil dengan kekuatan terbaiknya. Dedi Hartono, Septian David, dan Hendra Bayauw bermain untuk menopang Fernando Rodriguez di lini depan.
Laga berlangsung menarik sejak menit awal. Tuan rumah yang butuh kemenangan tampil serang sejak menit awal. Pada menit ke-20, 'Laskar Wong Kito' berhasil mencetak gol melalui Estbean Vizcara.
Tendangan keras Hyu-Jun Koo dari luar kotak penalti berhasil ditahan Esteban. Mendapat peluang satu lawan satu dengan Gery Mandagi, Esteban dengan tenang memasukan bola ke dalam gawang. Keunggulan 1-0 untuk Sriwiaja FC tak bertahan hingga babak pertama selesai. Mitra Kukar berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-44. Tendangan bebas Septian David berhasil ditanduk Mauricio Leal tanpa bisa dihalau oleh Teja Paku Alam.
ADVERTISEMENT
Setelah babak pertama berakhir imbang, Sriwijaya membuak babak pertama dengan bermain lebih menekan. Hasilnya pada menit ke-48 Beto berhasil menggetarkan jala Gery. Lolos dari jebakan offside, pemain kelahiran Brasil itu langsung menendang bola masuk ke gawang.
Unggul satu gol tak membuat Sriwijaya FC mengendurkan tekanannya. Dzalilov dan Esteban hampir membuat skor bertambah tapi usaha keduanya masih melebar dari gawang Gery Mandagi.
Terus mendapat tekanan, 'Naga Mekes' melakukan pergantian untuk menambah daya gedornya. Arif Suyono yang memiliki naluri menyerang tinggi masuk menggantikan Hendra Bayauw.
Sriwijaya FC
Salah satu striker Sriwijaya, Beto. (Foto: Nova Wahyudi/ANTARA)
Alih-alih mencetak dan gol dan menyamakan kedudukan, gawang Mitra Kukar malah kembali bobol. Adalah Dzalilov yang membuat gol pada menit ke-76. Tendangan voli Dzalilov tak bisa ditahan oleh Gery Mandagi. Skor 3-1 menjadi hasil pertandingan kali ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan