kumparan
25 Agu 2018 23:07 WIB

Kalahkan West Ham, Arsenal Akhirnya Petik Kemenangan Perdana

Para pemain Arsenal merayakan gol. (Foto: Thananuwat Srirasant/Getty Images)
Arsenal akhirnya sukses memetik kemenangan perdana mereka di Premier League setelah unggul 3-1 dari West Ham, Sabtu (25/8/2018) di Emirates Stadium. Meriam London tertinggal lebih dulu melalui aksi Marko Arnautovic di menit 25, sebelum akhirnya berbalik unggul lewat gol Nacho Monreal, Danny Wellbeck, serta gol bunuh diri Issa Diop.
ADVERTISEMENT
Tambahan tiga angka tersebut membawa Arsenal merangsek ke peringkat 12 klasemen sementara. Sedangkan West Ham harus terdampar di posisi juru kunci.
Setelah menelan dua kekalahan beruntun, Arsenal dihampiri optimisme kali ini. Ya, West Ham adalah salah satu lawan favorit The Gunners. Dalam enam perjumpaan terakhir di semua ajang, mereka tak pernah sekali pun takluk dari West Ham.
Emery yang mengandalkan format 4-2-3-1 kembali mengandalkan Pierre-Emerick Aubameyang dan Henrikh Mkhitaryan sebagai juru gedor utama. Nama yang disebut belakangan tengah dalam kondisi on-fire usai mengemas masing-masing satu gol dan assist melawan Chelsea pekan lalu.
Sementara itu, Manuel Pellegrini tak melakukan banyak perubahan dalam komposisi pemain di lini depan. Arnautovic masih disokong Felipe Anderson serta Robert Snodgrass. Bedanya, pos Mark Noble kini diisi oleh Michail Antonio.
ADVERTISEMENT
West Ham justru lebih intens dalam melepaskan tembakan ketimbang Arsenal di paruh pertama. Total delapan tembakan dengan tiga di antaranya yang mengenai sasaran. Sementara tim tamu cuma mampu mengukir dua shot on target dari tujuh upaya. Padahal, soal penguasaan bola, Arsenal unggul dengan persentase 61%.
West Ham pula yang berhasil lebih dulu mencetak angka di menit 25. Melalui skema serangan balik, Arnautovic sukses melepaskan tendangan mendatar yang tak mampu dijangkau Petr Cech. Gol tersebut merupakan yang kedelapan di tahun ini.
Namun, keunggulan The Hammers hanya bertahan lima menit. Monreal berhasil menyamakan kedudukan lewat tedangan kerasnya dari jarak dekat.
Di awal babak kedua, Emery mencoba alternatif tembakan jarak jauh untuk membongkar pertahanan West Ham, melalui Granit Xhaka dan Alexandre Lacazette yang masuk menggantikan Alex Iwobi. Akan tetapi usaha keduanya masih bisa diredam Lukasz Fabianski.
ADVERTISEMENT
Petaka West Ham datang di menit 59. Pellegrini mau tak mau kudu menarik keluar Arnautovic lantaran cedera. Padahal, mantan penggawa Inter Milan itu menjadi pemain yang paling aktif dalam melepaskan tembakan bagi timnya sebanyak lima kali.
Usaha Arsenal akhirnya berbuah manis di menit 70. Berniat memotong umpan Lacazette, Diop justru membuat bola berubah arah dan meluncur ke gawangnya sendiri.
Para pendukung tim tuan rumah hampir saja bersorak lagi andai sepakan jarak jauh Aaron Ramsey tak mampu digagalkan Fabianski. Penampilan mantan kiper Arsenal itu terbilang ciamik karena sukses melakukan 9 penyelamatan.
Kendati demikian, buruknya pertahanan West Ham memaksa Fabianski kembali memungut bola dari gawangnya. Kali ini giliran Wellbeck setelah berhasil mengonversi umpan mendatar Hector Bellerin di pengujung laga. Gol yang sekaligus menutup kemenangan Arsenal menjadi 3-1.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan