Bola & Sports20 Januari 2020 15:30

Kapan Liverpool Bisa Jadi Juara Premier League Musim Ini?

Konten Redaksi kumparan
Kapan Liverpool Bisa Jadi Juara Premier League Musim Ini? (435364)
Para pemain Liverpool merayakan gol. Foto: Dok. @LFC
Liverpool berhasil mengalahkan sang rival, Manchester United, dalam pertandingan Premier League 2019/20 yang berlangsung di Anfield, Minggu (19/1/2020). Setelah laga tersebut, suporter tuan rumah bernyanyi, “We’re going to win the league!”.
ADVERTISEMENT
Ada alasan mengapa suporter Liverpool merasa optimistis. Jarak poin tim kesayangan mereka dengan para pesaing begitu jauh. Liverpool saat ini telah mengemas 64 poin.
Ada jarak selebar 16 poin dengan Manchester City, yang berada di peringkat kedua. Jangan lupa juga bahwa Liverpool masih menyisakan satu pertandingan. Mereka baru bermain 22 kali, sedangkan tim-tim lain 23 kali.
Dari situ, titel Premier League 2019/20 tampaknya bakal diangkat oleh Liverpool. Yang kini menjadi pertanyaan, kapan Liverpool bisa mengeklaim gelar juara Premier League musim ini?
Kapan Liverpool Bisa Jadi Juara Premier League Musim Ini? (435365)
Selebrasi pemain Liverpool Virgil van Dijk usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada lanjutan Premier League di Anfield, Liverpool, Inggris. Foto: REUTERS/ Carl Recine
Tentu saja ada banyak skenario yang bisa terjadi. Yang pertama adalah jika Liverpool dan City, sebagai pesaing terdekat, mempertahankan performa mereka masing-masing.
Per BBC, Liverpool mencatatkan rata-rata 2,9 poin per pertandingan. Sementara, City 2,08 poin per laga. Apabila rata-rata tersebut tak berubah, Liverpool bisa juara dengan kemenangan di pekan ke-30 yang akan berlangsung pada 14 Maret.
ADVERTISEMENT
Jika menang di pekan ke-30, selisih poin Liverpool dan City maksimal mencapai angka 25, dan liga hanya menyisakan delapan laga lagi dengan maksimal poin yang bisa didapatkan hanya 24.
Skenario ini menggugah selera suporter Liverpool. Pasalnya, di pekan ke-24 itu, skuat asuhan Juergen Klopp bakal bertandang ke Goodison Park, markas dari rival sekota mereka, Everton.
Mengangkat trofi di Goodison Park ibarat a cherry on top. Penutup yang tepat untuk musim yang sempurna.
Kapan Liverpool Bisa Jadi Juara Premier League Musim Ini? (435366)
Detik-detik Curtis Jones cetak gol ke gawang Everton. Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine
Skenario lainnya adalah jika Liverpool dan City terus memenangi tiap laga yang mereka lakoni. Apabila kejadiannya seperti itu, Liverpool akan juara di laga pekan ke-32 yang akan berlangsung pada 4 April 2020.
Menariknya, lawan Liverpool di pekan ke-32 itu adalah… City. Yang lebih seru lagi, pertandingan tersebut bakal digelar di markas City, Etihad Stadium.
ADVERTISEMENT
Yang dibutuhkan Liverpool di laga melawan City itu hanyalah imbang. Pasalnya, sebelum laga, poin The Reds akan berada di angka 91, dan City 72. Dengan enam laga tersisa, City tak akan mampu mengejar kecuali mereka menang di laga spesial tersebut.
Nah, berdasarkan dua skenario tersebut, Liverpool bisa menjadi tim tercepat yang menjuarai Premier League dalam satu musim. Saat ini, rekor tersebut dipegang oleh Manchester United di Premier League 2000/01 dan City di Premier League 2017/18.
Kala itu, dua tim tersebut menjuarai liga saat masih menyisakan lima laga. Liverpool akan menyisakan delapan laga jika juara di Goodison Park dan enam laga jika berjaya di Etihad.
Terlepas dari dua skenario tersebut, masih banyak hal yang mungkin terjadi. Liverpool bisa saja terpeleset. Sebaliknya, City mungkin terus kalah sehingga Liverpool juara lebih cepat.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, tak mengherankan jika Klopp menegaskan bahwa timnya mesti tetap fokus dan tak boleh memikirkan trofi liga saat ini.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.