kumparan
10 Okt 2019 7:02 WIB

Karena Kasus Pajak, Messi Sempat Berpikir Tinggalkan Barcelona

Messi. Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo
Lionel Messi tak sepenuhnya nyaman bermain untuk Barcelona. Ada waktu di mana sang megabintang ingin hijrah karena faktor-faktor internal.
ADVERTISEMENT
Kejadian tersebut terjadi di tahun 2013. Saat itu, kasus pajak tengah dialami oleh pemain beralias La Pulga itu. Messi dijatuhi hukuman penjara selama 21 bulan dan diperintahkan untuk membayar denda sebesar 2 juta euro.
Namun, Messi memang tak benar-benar di bui pada saat itu. Pria asal Argentina itu menukar hukumannya dengan mahar sebesar 250 ribu euro.
Kondisi seperti itulah yang membuat Messi sempat tak betah. Messi pun mengakui ingin hijrah dari Barcelona pada masa tersebut.
"Pada tahun 2013 saya berpikir untuk pergi meninggalkan Barcelona. Bukan karena saya tak nyaman di Barcelona, tapi karena saya ingin meninggalkan Spanyol. Saya merasa diperlakukan dengan sangat buruk. Hal tersebut membuat saya tidak ingin tinggal di sini," tutur Messi dilansir Sky Sports.
Lionel Messi dalam seremoni penyerahan trofi La Liga 2018/19 di Camp Nou. Foto: AFP/Josep Lago
ADVERTISEMENT
Beruntung bagi Barcelona karena Messi tidak benar-benar pergi pada saat itu. Menurut pemenang lima kali Ballon D'or itu, tak ada tawaran yang benar-benar serius datang kepadanya.
"Saya membuka pintu untuk banyak klub pada saat itu. Akan tetapi, saya tidak pernah mendapat tawaran resmi karena semua orang tahu saya ingin bertahan. Situasi ini jauh melampaui perasaan saya kepada Barcelona," ucap Messi.
Messi memang sangat identik dengan Barcelona. Produk asli La Masia ini memulai debut di tim senior pada tahun 2004. Messi tak pernah sekalipun pindah dari klub asal Catalunya tersebut.
Total, Messi sudah tampil sebanyak 692 kali untuk Blaugrana di semua kompetisi. Pemain yang saat ini menjabat sebagai kapten Barcelona itu sudah membikin 604 gol dan 244 assist untuk Barcelona di semua kompetisi.
Messi di konferensi pers jelang final Copa del Rey. Foto: AFP/Josep Lago
ADVERTISEMENT
Perihal gelar, Messi sudah memiliki segalanya bersama Barcelona. Sepuluh gelar La Liga, empat Liga Champions, enam Copa del Rey adalah raihan yang diberikan Messi untuk Barcelona.
Kemudian, ada juga delapan gelar Piala Super Spanyol, tiga gelar Piala Dunia antarklub, serta tiga kali memenangi Piala Super Eropa yang Messi persembahkan untuk Barcelona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan