kumparan
27 Mei 2018 20:41 WIB

Karena para Pemain Madrid Terbiasa Menangi Liga Champions

Real Madrid Juara Liga Champions 2018 (Foto: LLUIS GENE/AFP)
“Bisa karena terbiasa.” Sepertinya, ungkapan tersebut adalah cara yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi Real Madrid saat ini. Pada Minggu (27/5/2018) dini hari WIB, sejarah tertulis. Los Blancos menjadi tim pertama yang sukses menjuarai trofi Liga Champions dalam tiga musim beruntun.
ADVERTISEMENT
Gelar ke-13 Madrid ini diraih dengan cara yang agung. Di babak kedua, Cristiano Ronaldo dan kolega mendominasi pertandingan. Usai blunder Loris Karius bisa dimanfaatkan Karim Benzema menjadi gol pada menit 51. Empat menit berselang, Sadio Mane berhasil mencetak gol balasan.
Kemudian, di menit 61, Isco Alarcon ditarik keluar dan Gareth Bale datang menggantikannya. Dua menit berikutnya, Bale mencetak gol tendangan salto dan pada menit 83, Bale mencetak gol kedua dan terakhirnya di laga ini. Laga tuntas dengan kemenagan 3-1 bagi Los Merengues.
Kesuksesan Madrid menang di partai final ini, sebagaimana disebut di awal, lekat dengan 'kebiasaan' para pemainnya memenangi medali juara Liga Champions. Marca mencatat, para pemain yang terdaftar skuat yang kini diarsiteki Zinedine Zidane tersebut sudah memenangi 69 medali juara Liga Champions secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Ronaldo sudah meraih lima medali Liga Champions dan itu adalah perolehan terbanyaknya di skuat Real Madrid. Penyerang asal Portugal itu memenangi medali Liga Champions pertama kali di musim 2007/2008.
Ketika itu, ia masih menjadi pemain Manchester United dan Ronaldo sukses mencetak gol ke gawang Chelsea di final. Laga ini harus dilanjutkan ke babak penalti akibat skor 1-1. Di babak penalti, The Red Devils menang 6-5.
Empat medali sisanya, Ronaldo dapatkan di Real Madrid, klub yang sudah ia bela sejak 2009. Menariknya, dalam empat partai final, dua di antaranya ditutup dengan torehan gol Ronaldo. Dua partai itu adalah final Liga Champions melawan Atletico Madrid di musim 2013/2014 dan Juventus di musim 2016/2017.
ADVERTISEMENT
Di belakang Ronaldo, ada nama-nama pemain seperti Sergio Ramos, Luka Modric, Toni Kroos, Daniel Carvajal, Casemiro, Marcelo, Gareth Bale, Karim Benzema, Raphael Varane, Isco Alarcon, dan Nacho Fernandez. Masing-masing pemain itu sudah mengoleksi empat medali juara Liga Champions.
Bila berkaca dari raihan ini, maka tak mustahil untuk menyaksikan Madrid ke final Liga Champions dan menjadi juara dalam siklus yang panjang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan