Demetri Mitchell
9 Juni 2020 10:30

Kesedihan Wilfried Zaha Saat Sir Alex Ferguson Mundur dari Man United

Kesedihan Wilfried Zaha Saat Sir Alex Ferguson Mundur dari Man United (271405)
Selebrasi Wilfried Zaha mencetak gol ke gawang Brighton. Foto: REUTERS/David Klein
Siapa yang tidak mau bermain di bawah asuhan Sir Alex Ferguson? Ya, itulah yang dirasakan Wilfried Zaha ketika ia menerima pinangan Manchester United.
ADVERTISEMENT
Pada Januari 2013, Zaha menandatangani kontrak berdurasi lima setengah musim bersama United. Motivasi Zaha hampir sama dengan para pemain yang kala itu memutuskan berseragam United: ingin bermain di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.
Namun, sial bagi Zaha, saat ia akan bergabung bersama skuat United pada musim 2013/14, Ferguson malah memutuskan untuk mundur dari posisi pelatih. Ia mengaku bahwa hal itu membuatnya sedih sekaligus menghancurkan kepercayaan dirinya.
"Hal itu (mundurnya Ferguson) membuat saya sedih. Bagaimana tidak, setelah bicara dengan Ferguson, saya benar-benar ingin datang ke United. Saya tidak tahu bahwa ia akan mundur secepat itu," ujar Zaha di kanal YouTube Rio Ferdinand.
Kesedihan Wilfried Zaha Saat Sir Alex Ferguson Mundur dari Man United (271406)
Demetri Mitchell menghadang Wilfried Zaha. Foto: Reuters/Andrew Yates
Zaha pun mengenang perbincangannya dengan Ferguson. Ia ingat bahwa secara khusus, Ferguson tidak memintanya bermain di posisi tertentu. Malah, Ferguson secara terang-terangan memintanya bersaing dengan pemain lain.
ADVERTISEMENT
"Saya ingat Ferguson berkata seperti ini 'Kamu harus bersaing dengan pemain lain dan kamu juga tidak akan selalu saya mainkan. Selain itu, banyak pemain muda di tim, kamu bisa bergaul dengan (Danny) Welbeck atau (Tom) Cleverley'," kenangnya.
"Itu adalah sebuah percakapan yang singkat dan tidak bertele-tele. Namun, dari situ saya sadar bahwa saya punya peluang untuk menunjukkan kemampuan saya," lanjutnya.
Setelah Ferguson mundur, karier Zaha di United terbilang berantakan. Tercatat, ia lebih banyak dipinjamkan ke klub-klub lain, seperti Cardiff City dan Crystal Palace. Ia cuma tampil sebanyak empat kali selama berseragam United.
Hingga akhirnya, Zaha memutuskan hengkang dari United pada Februari 2015. Palace jadi tujuannya, tempat ia menorehkan 353 penampilan hingga kini, berbalut 56 gol dan 70 assist. Ia pun tidak menyesal kariernya di United berantakan.
ADVERTISEMENT
"Tidak pernah ada penyesalan bagi saya. Di United, saya bertemu dengan para pemain hebat, seperti Rio Ferdinand, Ryan Giggs, Wayne Rooney, dan Robin van Persie."
"Saya banyak belajar dari para pemain hebat itu, juga pernah duduk di ruang ganti yang sama dengan mereka. Hal ini jadi pengalaman berharga, karena saya bisa menyaksikan skuat yang kuat dari jarak yang dekat," lanjut Wilfried Zaha.
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
===
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit smartTV dan 2 jersi original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini