kumparan
10 April 2019 16:51

Kesuksesan United Singkirkan PSG Bikin Valverde Waspada

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Foto: Albert Gea/Reuters
Ernesto Valverde mengaktifkan mode waspada jelang perjumpaan Barcelona dan Manchester United di Stadion Old Trafford, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB. Kewaspadaan sosok asal Spanyol itu berangkat dari cara United melangkah ke fase perempat final Liga Champions
ADVERTISEMENT
Skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer lebih dulu menyingkirkan tim kuat Paris Saint-Germain (PSG) di 16 besar. Bahkan, kelolosan didapatkan dengan cara luar biasa. United menghantam PSG 3-1 di Parc des Princes, setelah sempat menelan kekalahan 0-2 di kandang.
Hal lain yang bikin Valverde waspada adalah kondisi United nyatanya tetap berbahaya saat dilanda badai cedera. Ya, United menekuk PSG di leg kedua ketika beberapa pemain kunci macam Jesse Lingard, Anthony Martial, Juan Mata, Nemanja Matic, hingga Ander Herrera menepi.
Begitu pula menjelang laga leg pertama di Old Trafford nanti. United juga harus kehilangan Matic dan Herrera sehingga kekuatan lini tengah tergerus. Namun, bagi Valverde, United tetap memiliki keuntungan di luar kerugian tersebut, terutama menyoal durasi rehat.
ADVERTISEMENT
“Mereka tidak bermain sejak tengah pekan lalu, sementara kami harus bermain dengan jadwal sulit dan ketat. Sabtu (6/4), kami baru saja memainkan pertandingan sangat penting (melawan Atletico Madrid) dan harus bisa menang. Kami harus bisa mengimbangi perbedaan kondisi fisik itu,” kata Valverde dilansir Marca.
“Ketika ada masalah (cedera) di Paris dan mereka mendapat hasil (kemenangan), saya tak tahu harus berkomentar apa. Di babak gugur kompetisi ini, menganggap masalah tim lain sebagai keuntungan malah menjadikan Anda korban. Laga di Paris adalah contohnya,” tuturnya menambahkan.
"Kami melawan United yang menyingkirkan PSG dengan cara luar biasa. Kami berpikir bahwa United adalah lawan sulit, terutama karena mereka dinamis dengan memberi tekanan sangat keras dan dapat melakukannya terus-menerus. Tapi, mungkin United pun bermain menunggu."
ADVERTISEMENT
Luis Suarez kepada Lionel Messi, "Berada, dipelukanmu..." Foto: REUTERS/Marcelo del Pozo
Valverde benar menyoal waktu istirahat. ‘Iblis Merah’ terakhir bermain melawan Wolverhampton Wanderers di perempat final Piala FA pada Rabu ( 3/4/), sementara Barcelona mesti bermain dua kali pekan lalu --menghadapi Villarreal pada Rabu dan empat hari berselang melawan Atletico Madrid.
Kendati menyalakan tanda waspada, bukan berarti Valverde tak menaruh optimisme jelang lawatan Barcelona. Mantan arsitek Athletic Bilbao itu menyakini, Lionel Messi dan kolega tengah berada di tren positif usai tak terkalahkan di enam laga teranyar. Rinciannya yakni lima menang dan sekali imbang.
“Kami sedang ada di performa bagus. Ini adalah momen yang baik. Kami sudah menunggu momen ini ketika mengalahkan Olympique Lyon di 16 besar. United memang sedang bagus juga, makanya kami harus bermain bagus di dua leg nanti dan sebisa mungkin tak memberi kans mereka mengancam,” pungkas Valverde.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan