Bola & Sports
·
23 Oktober 2020 12:31

Ketika AZ Alkmaar Permalukan Napoli dengan 13 Pemain Absen karena Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ketika AZ Alkmaar Permalukan Napoli dengan 13 Pemain Absen karena Corona (26298)
Dani de Wit dari AZ Alkmaar merayakan mencetak gol pertama mereka bersama rekan satu tim. Foto: Ciro De Luca/Reuters
AZ Alkmaar secara dramatis mengalahkan Napoli dalam laga perdana mereka di Liga Eropa, Jumat (23/10) dini hari WIB. Kemenangan itu terasa semakin spesial karena Alkmaar harus kehilangan 13 pemain utama usai dinyatakan positif virus corona.
ADVERTISEMENT
Perwakilan Belanda yang terpaksa harus menurunkan beberapa pemain muda ini, membuat kejutan dengan mengalahkan tuan rumah 1-0 dalam pertandingan grup F di Stadion San Paolo, Italia.
Selepas turun minum, AZ Alkmaar memecah kebuntuan di menit ke-57. Hasil kerja sama apik antara Jonas Svensson dan Dani de Wit di sisi kanan menjadi satu-satunya gol di pertandingan.
Il Partenopei cukup dibuat frustasi oleh tim tamu lantaran tidak mampu mencetak satu gol pun meski mendominasi jalannya pertandingan. Napoli tercatat memiliki 73% ball possesion, 20 tembakan dengan enam mengarah ke gawang.
Meski di 10 menit terakhir Napoli terus menggempur lini pertahanan AZ Alkmaar, anak buah Arne Slot mampu tampil disiplin untuk meredam serangan tuan rumah.
ADVERTISEMENT
Kiper Marco Bizot juga tunjukkan penampilan yang cukup gemilang sehingga usaha Napoli untuk mengejar ketertinggalan tak membuahkan hasil hingga laga berakhir.
Ketika AZ Alkmaar Permalukan Napoli dengan 13 Pemain Absen karena Corona (26299)
Suasana pertandingan Napoli vs AZ Alkmaar. Foto: Ciro De Luca/Reuters
Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, mengatakan kekalahan ini terjadi lantaran Napoli tidak memberikan ancaman yang berarti kepada lawan.
Napoli semalam sangat berbeda dengan tim yang baru saja mencabik-cabik Atalanta 4-1 pada Sabtu (17/10). Meskipun mereka mendominasi lapangan, mereka ompong di depan.
“Kami harusnya tak kalah dalam laga seperti ini. Penguasaan bola sudah baik, tetapi percuma jika kami mandul, kami hanya menggelitiki lawan bukan menyakiti mereka," ungkap Gattuso kepada Sky Sports Italia.
"Ada beberapa hal bagus pada babak pertama, tetapi setelah turun minum kami terlalu banyak melakukan umpan yang mudah diprediksi, tak pernah melakukan umpan satu dua. Kami perlu lebih lapar lagi, hari ini kami kurang baik soal pergerakan tanpa bola."
Ketika AZ Alkmaar Permalukan Napoli dengan 13 Pemain Absen karena Corona (26300)
Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso. Foto: Daniele Mascolo/REUTERS
“AZ juga memiliki motivasi ekstra, mereka kehilangan banyak pemain karena COVID-19 dan itu justru membakar semangat mereka. Saya belum pernah melihat mereka bertahan dengan determinasi sebesar yang mereka lakukan hari ini. Kami hanya mengizinkan mereka satu tembakan ke gawang dan mereka mencetak gol. Itulah yang terjadi di Eropa dan itu harus menjadi pelajaran bagi kami, " tutup Gattuso.
ADVERTISEMENT
Kemenangan ini membuat AZ Alkmaar berada di puncak Grup F dengan torehan 3 poin. Sementara, Napoli berada di peringkat ketiga tanpa poin.
Penulis: Jodi Hermawan