Bola & Sports
·
22 November 2020 12:25

Kiprah Persipura Jayapura di AFC Cup: Tembus Semifinal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kiprah Persipura Jayapura di AFC Cup: Tembus Semifinal (121815)
Sylvano Comvalius dan Boaz Solossa, penyerang Persipura. Foto: dok. Liga Indonesia
Persipura Jayapura berhasil mengantongi lisensi AFC 2020 tanpa syarat. Hal itu mereka raih bersama lima tim Liga 1 lainnya yakni Persib Bandung, Arema FC, Borneo FC, Bali United, dan Bhayangkara FC.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, tim 'Mutiara Hitam' layak mentas di tingkat Asia andai PSSI menunjuk mereka untuk berlaga di AFC Cup tahun depan.
Menyoal kiprahnya di Asia, khususnya AFC Cup, Persipura boleh jadi berbangga diri. Pasalnya, hingga kini Persipura masih menjadi tim Indonesia tersukses di AFC Cup, dengan menembus babak semi final di tahun 2014.
Kala itu, Boaz Solossa dkk. sukses tampil apik dengan menjadi jawara grup E. Mereka lalu menghajar Yangon United dengan skor 9-2 di babak 16 besar. Persipura kembali pesta gol di fase selanjutnya. Kali ini, Al-Kuwait menjadi lumbung gol mereka dengan agregat 8-4.
Kiprah Persipura Jayapura di AFC Cup: Tembus Semifinal (121816)
Para pemain Persipura merayakan kemenangan. Foto: ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/wsj. O
Langkah mereka akhirnya terhenti di tangan wakil Kuwait lainnya, Al-Qadsia. Persipura gagal melaju ke partai puncak usai takluk 2-10 secara agregat.
ADVERTISEMENT
Selain 2014, Persipura juga beberapa kali mewakili Indonesia di ajang Liga Europa-nya Asia itu.
Di tahun 2011, mereka berhasil keluar sebagai jawara grup dan menang 3-1 atas Song Lam Nghe An di babak 16 besar. Mereka akhirnya tersingkir di perempat final usai kalah agregat 1-3 dari wakil Irak, Arbil.
Kiprah Persipura Jayapura di AFC Cup: Tembus Semifinal (121817)
Persipura Jayapura Foto: Dok. PT LIB
Kemudian di tahun 2015, Persipura juga kembali maju ke AFC Cup. Kali ini mereka ditemani Persib Bandung. Persipura berhasil lolos ke fase knock out sebagai jawara grup E dengan catatan tanpa kekalahan.
Nahas, mereka dipaksa menyerah 0-3 dari wakil Malaysia, Pahang FC. Sesuai regulasi AFC, Persipura harus kalah di laga tersebut karena Pahang ditolak masuk Indonesia lantaran masalah visa. Musim itu sekaligus menjadi kali terakhir Persipura maju ke ajang AFC Cup.
ADVERTISEMENT
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.