kumparan
4 Desember 2019 19:34

Klopp: Harusnya, Van Dijk yang Sabet Ballon d'Or 2019

[PORTRAIT] Van DIjk
Virgil Van Dijk, bek andalan Liverpool. Foto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff
Messi, Messi, Messi, Messi, Messi, dan lagi-lagi Messi yang meraih Ballon d'Or 2019. Sudah enam kali Lionel Messi menyabet penghargaan bergengsi itu.
ADVERTISEMENT
La Pulga alias 'Si Kutu' berhasil menyisihkan beberapa pemain lain macam Virgil van Dijk, Cristiano Ronaldo, dan Sadio Mane. Di antara nama-nama besar itu, mungkin yang paling sakit hati itu adalah Van Dijk.
Bagaimana tidak, Van Dijk hanya tertinggal tujuh poin dari Messi. Van Dijk mendapat 679 poin, sedangkan Messi 686.
Lionel Messi, Ballon d'Or 2019
Pemain Timnas Argentina dan FC Barcelona, Lione Messi bersama 6 Penghargaan Ballon d'or di Teater du Chatelet, Paris, Prancis. Foto: REUTERS / Christian Hartmann
Pemain bertahan Liverpool itu tidak berkomentar terkait ini. Tapi, bosnya, Juergen Klopp, seakan tidak terima. Menurut Klopp, harusnya Van Dijk yang dianugerahi Ballon d'Or 2019.
"Saya baru pertama kali melihat performa sehebat itu dari seorang pemain belakang," kata Klopp kepada FourFourTwo.
"Jujur saja, seharusnya penghargaan itu dimenangi Virgil," ungkap dia.
Ucapan Klopp bukannya tanpa dasar. Van Dijk adalah salah satu bek termahal dunia. Penampilan moncernya bersama Southampton membuat Liverpool nekat memboyongnya ke Anfield dengan harga 75 juta poundsterling.
ADVERTISEMENT
Harga tinggi itu diganjar dengan prestasi. Pemain asal Belanda ini berhasil mengantar Liverpool memenangi salah satu kompetisi bergengsi dunia, Liga Champions 2018/19.
Liverpool
Juergen Klopp merayakan kemenangan Liverpool bersama Mo Salah dan Virgil van Dijk. Foto: Reuters/Phil Noble
Lebih Lagi, Liverpool hanya kalah satu kali ketika Van Dijk jadi starter pada 38 laga di Premier League 2018/19. Kekalahan itu pun terjadi saat menghadapi Manchester City yang jadi pemenang Liga Inggris musim lalu.
Totalnya Van Dijk telah tampil 50 kali bersama Liverpool di musim lalu dengan torehan enam gol dan empat assist. Adapun, musim ini Van Dijk telah menyumbang tiga gol dan satu assist di semua kompetisi.
Memang, sih, kalau dibandingkan dengan Messi raihan Van Dijk bisa dibilang kalah mentereng. Sebab, Messi adalah raja gol dan raja assist bagi timnya.
Lionel Messi
Lionel Messi. Foto: REUTERS/Sergio Perez
Musim 2018/19 ia menorehkan 51 gol dan 22 assist bagi Barcelona. Dengan itu Messi mengantar Barcelona menjadi pemenang La Liga dan Piala Super Spanyol 2018/19.
ADVERTISEMENT
Belum lagi sumbangannya pada Barcelona dalam 12 bulan terakhir. Totalnya, Messi terlibat dalam 63 gol Barcelona dan Timnas Argentina. Rinciannya, 46 gol dan 17 assist.
"Hal-hal seperti ini adalah hasil keputusan yang dibuat jurnalis," kata Klopp. "Saya melihatnya sedikit berbeda dan banyak orang yang juga punya pendapat berbeda. Itu bukan masalah besar."
Meski punya pendapat berbeda tentang pemenang Ballon d'Or 2019, Klopp mengakui bahwa Messi adalah yang terbaik di dunia.
"Lionel Messi, mungkin ini sudah saya sebut 500.000 kali dalam hidup, adalah pemain terbaik yang pernah saya lihat," tuturnya.
Klopp sendiri boleh sedikit berbangga. Pasalnya, empat pemain dari daftar top 10 kandidat pemenang Ballon d'Or adalah anak didiknya. Namun, tetap saja hanya pemenang yang akan diingat sejarah.
ADVERTISEMENT
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.