kumparan
search-gray
Bola & Sports28 Juli 2020 19:53

Konsep Jersi Timnas Indonesia Dituduh Nyontek, Ini Jawaban Sang Desainer

Konten Redaksi kumparan
Konsep Jersi Timnas Indonesia Dituduh Nyontek, Ini Jawaban Sang Desainer (1159422)
Desainer jersi Timnas Indonesia, Fajar Ramadhan. Foto: Dok-Pribadi
Jersi Timnas Indonesia keluaran apparel Mills sudah resmi diperkenalkan kepada publik. Termutakhir, produsen jersi lokal ini merilis jersi tandang dengan warna putih berbalut hijau.
ADVERTISEMENT
Desain jersi tersebut juga menarik. Ada peta Indonesia di bagian dada para penggawa 'Garuda' yang dipertegas dengan garis vertikal berwarna putih.
Mills berargumentasi bahwa motif garis putih di bagian hijau itu representasi dari garis khatulistiwa. Sementara, warna hijaunya melambangkan kesuburan Indonesia.
Usai jersi Timnas Indonesia itu dirilis, kemarin, seperti biasa, ada saja komentar baik dan buruk dari warga +62. Ya, via media sosial Twitter, netizen di Indonesia bilang bahwa konsep pula-pulau di Indonesia menyontek desain dari jersi timnas keluaran Warrix.
Sebelum bekerja sama dengan Mills, PSSI sempat dikabarkan telah menjalin kesepakatan dengan Warrix yang merupakan produsen jersi asal Thailand. Akan tetapi, hal itu batal terlaksana meski jersi kandang Timnas Indonesia sudah sempat dirilis ke publik dan jersi latihan sudah dipakai pemain dan pelatih.
ADVERTISEMENT
Menyikapi nada miring itu, desainer Mills untuk jersi tandang Timnas Indonesia, Fajar Ramadhan, mengaku tak ingin ambil pusing. Menurutnya, konsep tersebut sudah mendapat restu dari PSSI.
''Kalau kritikan warganet sudah biasa. Kalau kami, sih, show must go on saja, santai. Yang penting kalau sudah mendapat approve sama yang berwenang, kalau untuk input dari netizen, ya, kami terima dan kami jadikan pembelajaran ke depannya,'' ujar Fajar ketika berbincang dengan kumparan, Selasa (28/7).
Fajar mengaku bukan kali pertama mendapat kritikan dari netizen atas desain jersinya. Pada 2017 lalu, saat masih menjadi desainer produsen League, ia juga mendapat kritikan atas jersi Persija Jakarta.
''Ya, pas rilis ketika itu, bisa dibilang, yang menghujat satu Jakarta saja. Tapi pas kemarin perilisan jersi timnas kan pertaruhannya Indonesia Raya. Tapi alhamdulillah feedback bagus,'' tuturnya.
ADVERTISEMENT
Fajar menegaskan ia tak pernah mengetahui konsep jersi Timnas Indonesia versi Warrix seperti apa. Karena itu, idenya memunculkan gambar pulau di bagian dada, tak lain karena ingin menciptakan identitas bagi jersi timnas.
''Kalau Warrix merilis jersi, saya enggak tahu konsep mereka seperti apa, ceritanya apa. Sempat ada, kok, yang nanya ke saya, tapi saya jelaskan bahwa motif pulau-pulau itu sebagai support detail untuk bahannya. Intinya konsep saya sudah jelas. Kalau orang lebih tahu konsep Warrix ya monggo dijabarkan.''
''Saya juga enggak tahu desain Warrix seperti apa. Tapi kalau bilang mirip, sih, ada yang bilang, tapi konsepnya jelas beda. Mungkin mereka yang komen, netizen-netizen, cuma melihat sekilas saja tanpa megang dari dekat,'' tandasnya.
ADVERTISEMENT
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white