kumparan
11 Oktober 2019 4:10

Kroasia dan Belgia Tumbangkan Lawan-lawannya

Selebrasi dari Luka Modric. Foto: Antonio Bronic/Reuters
Kroasia sukses meraih kemenangan dalam pertandingan keenam Babak Kualifikasi Piala Eropa 2020. Bersua Hongaria di Poljud Stadium, Jumat (11/10/2019) dini hari WIB, Kroasia menang dengan skor 3-0.
ADVERTISEMENT
Gol-gol dari tuan rumah di laga ini diciptakan oleh Luka Modric di menit kelima serta dua gol Bruno Petkovic di menit ke-24 dan 42. Atas hasil ini, Kroasia berada di puncak klasemen Grup E dengan 13 angka. Adapun Hongaria tertahan di posisi ketiga dengan sembilan angka.
Zlatko Dalic menampilkan skuat terbaiknya di pertandingan kali ini. Dalam balutan pola 4-2-3-1, Kroasia memasang Marcelo Brozovic dan Luka Modric di lini tengah. Sementara, Ivan Rakitic, Ante Rebic, dan Ivan Perisic menyokong Bruno Petkovic yang menjadi penyerang tunggal.
Sementara, Hongaria juga turun dengan pola 4-2-3-1. Adam Szalai diplot sebagai penyerang tunggal. Kemudian, Balazs Dzsudzsak, David Holman, serta Roland Sallai membantu dari lini kedua.
Tampil di depan pendukungnya membuat Kroasia berinisiatif menyerang sejak awal. Gol langsung tercipta untuk runner up Piala Dunia 2018 itu pada menit kelima.
ADVERTISEMENT
Adalah Luka Modric yang mampu mencuri bola dari lini belakang lawan. Pemain asal klub Real Madrid itu langsung melakukan solo run dan ditutup dengan sepakan keras ke dalam gawang. Kroasia memimpin dengan skor 1-0.
Tuan rumah bisa memperbesar keunggulannya pada menit ke-24. Sodoran Rebic bisa diselesaikan dengan back heel cantik Petkovic. Skor berubah menjadi 2-0.
Tiga menit menjelang babak pertama selesai, Kroasia kembali bisa membuat gol. Kembali Petkovic yang menjadi aktor usai sukses memanfaatkan umpan dari Perisic. Babak pertama pun selesai dengan keunggulan Kroasia 3-0.
Pada babak kedua, Kroasia tetap mengambil alih jalannya pertandingan. Namun, berbagai peluang yang dihasilkan Modric dan kolega tak ada yang berbuah gol. Hal yang sama juga berlaku untuk Hongaria. Alhasil pertandingan selesai dengan kemenangan Kroasia 3-0.
ADVERTISEMENT
Belgia Benamkan San Marino
Di Koning Boudewijnstadion, Belgia sukses menggasak San Marino dengan skor telak 9-0. Romelu Lukaku membuat dua gol dalam pertandingan kali ini pada menit ke-28 dan 41.
Sisanya, Belgia membuat gol di babak pertama melalui Nacer Chadli (31), bunuh diri Cristian Brolli (35), Toby Alderweireld (43), Youri Tielemans (45).
Belgia vs San Marino Foto: REUTERS/Francois Lenoir
Kemudian di babak kedua Belgia menambah lagi melalui Christian Benteke pada menit ke-79. Lalu, penalti Yari Verschaeren di menit ke-84 dan ditutup dengan gol Timothy Castagne pada menit ke-90.
Berkat hasil ini, Belgia berada di puncak klasemen Grup I dengan raihan 21 angka. Pasukan Roberto Martinez itu menjadi negara pertama yang lolos ke putaran final Piala Eropa yang akan digelar tahun depan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan