kumparan

Kualifikasi Piala Eropa 2020: Spanyol Tekuk Kepulauan Faroe

Kepulauan Faroe vs Spanyol
Selebrasi dari pemain-pemain Spanyol. Foto: REUTERS/Sergio Perez
Spanyol menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan sangat baik. Bersua Kepulauan Faroe di Torsvoellur Stadium, Sabtu (8/6/2019) dini hari WIB, Spanyol menang dengan skor 1-4.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Spanyol di pertandingan ini dihasilkan oleh Sergio Ramos, Jesus Navas, bunuh diri Teitur Gestsson, dan Jose Gaya. Adapun Kep.Faroe hanya bisa membalas lewat Klaemint Olsen.
Atas hasil ini, Spanyol memimpin klasemen Grup F dengan raihan sembilan angka. Sementara, Kep.Faroe masih berada di dasar klasemen setelah tak sama sekali meraih angka.
Luis Enrique selaku pelatih menampilkan formasi 4-3-3 pada pertandingan kali ini. Isco Alarcon, Alvaro Morata, dan Iago Aspas menjadi trisula di lini depan.
Lalu, Sergi Roberto, Rodri, dan Santi Cazorla menjadi penyeimbang di lini tengah 'Tim Matador'. Khusus untuk Cazorla, ini menjadi laga come back-nya setelah absen selama 1.302 hari membela Spanyol akibat cedera.
Semua terasa mudah untuk Spanyol karena lima menit laga berjalan mereka sudah unggul. Umpan silang dari Isco berhasil ditanduk oleh Sergio Ramos tanpa bisa diadang oleh penjaga gawang Kep.Faroe, Teitur Gestsson.
ADVERTISEMENT
Spanyol yang unggul segalanya terus menerus melancarkan serangan ke pertahanan lawan. Lewat kerja sama apik gol kedua tercipta untuk Spanyol pada menit ke-19.
Jesus Navas yang dimainkan sebagai bek sayap kanan merangsek maju ke depan. Pemain Sevilla itu menerima sodoran Aspas sebelum melakukan tendangan yang mengoyak jala gawang Kep.Faroe.
Unggul dua gol membuat Spanyol sedikit lengah. Gawang mereka yang dikawal oleh Kepa Arrizabalaga berhasil dibobol oleh Kep.Faroe.
Tepatnya di menit ke-30, Klaemint Olsen berhasil membuat skor menjadi 1-2. Berawal dari sepak pojok, bola berhasil disundul oleh Odmar Faeroe. Bola sepertinya akan mengarah ke Kepa, namun Olsen berhasil membelokannya sehingga terjadi gol.
Gawangnya kebobolan membuat Spanyol tersengat. Berselang empat menit usai gol Kep.Faroe, Spanyol kembali menjauh.
ADVERTISEMENT
Kali ini gol untuk Spanyol terjadi akibat bunuh diri dari Gestsson. Tendangan melengkung dari Isco membentur tiang gawang bola memantul lalu mengenai badan Gestsson sebelum masuk ke gawang. Skor 3-1 bertahan hingga babak pertama selesai.
Di babak kedua, Spanyol mengendurkan tekanannya. Perubahan-perubahan pun dilakukan seperti menarik keluar Sergio Ramos dan memainkan Diego Llorente. Marco Asensio juga dimainkan mengganti posisi dari Aspas.
Masuknya Asensio terbukti tepat. Pemain asal klub Real Madrid itu menjadi kreator terciptanya gol ketiga Spanyol.
Umpan terobosan Asensio berhasil dimanfaatkan oleh Jose Gaya. Dengan sontekan mengelabui Gestsson gol tercipta dan membuat kedudukan berubah menjadi 4-1. Gol Gaya menjadi yang terakhir pada laga ini. Spanyol pun menang dengan skor 4-1.
ADVERTISEMENT
Tak Ada Pemenang di Laga Denmark vs Republik Irlandia
Sementara itu, di Stadion Telia Parken, Denmark tak bisa memanfaatkan status tuan rumah. Bersua Republik Irlandia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Eropa Grup D, Denmark hanya bermain imbang 1-1.
Denmark vs Republik Irlandia
Duel di pertandingan Denmark vs Irlandia. Foto: Reuters/Lee Smith
Sebenarnya, Denmark unggul lebih dulu melalui gol Pierre-Emile Hoejbjerg di menit ke-76. Namun, Shane Duffy membuyarkan kemenangan Denmark lewat golnya di menit ke-85.
Berkat hasil ini, Irlandia masih bertahan di puncak klasemen dengan 7 angka. Sedangkan Denmark, mereka mesti berada di posisi keempat dengan dua angka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan