Bola & Sports
·
11 Juni 2021 19:54
·
waktu baca 2 menit

Laga Pembuka Euro di 4 Edisi Terakhir, Tuan Rumah Tak Selalu Menang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Laga Pembuka Euro di 4 Edisi Terakhir, Tuan Rumah Tak Selalu Menang (337412)
Selebrasi pemain Timnas Italia Ciro Immobile usai mencetak gol ke gawang Timnas Ceko pada pertandingan persahabatan di stadion Renato Dall'Ara, Bologna, Italia. Foto: Filippo MONTEFORTE / AFP
Italia dan Turki akan bertarung di laga pembuka Euro 2020. Italia boleh saja jadi unggulan mengingat kualitas pemain mereka yang merata di semua lini.
ADVERTISEMENT
Di lini serang, Italia memiliki Ciro Immobile dan Domenico Berardi yang bisa jadi pemecah kebuntuan. Belum lagi ada Jorginho yang mahir mencatatkan gol via bola mati.
Namun, Italia tak akan semudah itu meraih kemenangan. Sang lawan yakni Turki juga bisa mencuri angka. Apalagi, Turki memiliki Burak Yilmaz dan Hakan Calhanoglu yang bisa jadi pembeda.
Jangan lupa, laga ini merupakan pembukaan. Banyak tim-tim yang masih nervous dan tak bisa menang mudah di laga pembukaan turnamen-turnamen besar.
Untuk itu, kami sajikan beberapa laga pembuka di empat edisi Euro terakhir. Si jagoan belum tentu menang mudah lho.

Euro 2016 Prancis vs Rumania

Laga pembuka Euro 2016 mempertemukan tuan rumah Prancis melawan Rumania di Stade de France. Kalau dilihat dari materi pemain, Prancis harusnya bisa menang dengan gampangnya ya.
Laga Pembuka Euro di 4 Edisi Terakhir, Tuan Rumah Tak Selalu Menang (337413)
Perayaan pemain Prancis. Foto: REUTERS/Carl Recine
Namu ternyata tak begitu. Les Blues sangat kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan Rumania. Memang sih, Prancis unggul lebih dulu via tandukan Olivier Giroud.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, Rumania berhasil membalas lewat penalti Stancu. Untungnya, sebuah sepakan Dimitri Payet jelang laga bubar membuat Prancis menang 2-1.

Euro 2012 Polandia vs Yunani

Lagi-lagi tuan rumah yang mentas di laga pembuka euro. Polandia menghadapi Yunani di National Stadium Warsawa.
Laga Pembuka Euro di 4 Edisi Terakhir, Tuan Rumah Tak Selalu Menang (337414)
Robert Lewandowski melakukan selebrasi. Foto: Reuters/Kacper Pempel
Sebagai tuan rumah, Polandia tak bisa gampang merengkuh kemenangan. Mereka memang unggul duluan via Robert Lewandowski. Namun, Yunani bisa menyamakan kedudukan lewat Dimitri Salpingidis.

Euro 2008 Swiss vs Republik Ceko

Laga ini berlangsung di St Jakob Park, Basel. Swiss yang menjadi tuan rumah kudu menyerah dari Ceko yang di edisi sebelumnya menjadi semifinalis.
Laga Pembuka Euro di 4 Edisi Terakhir, Tuan Rumah Tak Selalu Menang (337415)
Para pemain Swiss merayakan gol. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann
Di pertandingan tersebut, Ceko bisa membuat gol di menit ke-71 melalui Vaclac Sverkos. Swiss jadi juru kunci di babak grup ini usai cuma menang satu kali.
ADVERTISEMENT

Euro 2004 Portugal vs Yunani

Portugal yang berada di generasi emas punya kans untuk menang di laga pembuka. Mereka berjumpa Yunani di Estadio Do Dragao, Portugal.
Sialnya, Yunani bisa membuat dua gol lebih dulu lewat Karagounis dan Basinas. Portugal cuma bisa membalas lewat Ronaldo di injury time.