kumparan
6 Jan 2019 1:04 WIB

Laga Pembuka Piala Asia 2019 Berakhir Tanpa Pemenang

Gelandang Uni Emirat Arab, Khalfan Mubarak (tengah) menggiring bola dalam laga Piala Asia 2019 melawan Bahrain. (Foto: Khaled Desouki/AFP)
Piala Asia 2019 resmi dibuka di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Sabtu (5/1/2019) malam WIB. Bukan awal yang menyenangkan bagi tim tuan rumah, Uni Emirat Arab (UEA), karena mereka ditahan 1-1 oleh Bahrain.
ADVERTISEMENT
UEA bahkan hampir saja menelan kekalahan. Mereka sempat tertinggal 0-1 lewat gol Mohamed Al Rohaimi (78') sebelum Ahmed Khalil membalas lewat penalti (88').
Dengan hasil ini, UEA dan Bahrain berbagi puncak klasemen Grup A dengan raihan masing-masing satu angka. Masih ada laga Thailand vs India yang bakal berlangsung pada Minggu (6/1) sore WIB.
***
Upacara pembukaan digelar sebelum sepak mula pertandingan. Hadir replika trofi dengan ukuran raksasa di tengah lapangan plus slogan "Bringing Asia Together".
Kemeriahan suporter yang memadati stadion tentu mendongkrak moral UEA. Belum lagi catatan positif mereka dalam satu-satunya pertemuan dengan Bahrain di Piala Asia. Pada laga fase grup edisi 2015, UEA menang 2-1 atas tetangganya di Timur Tengah tersebut.
ADVERTISEMENT
Upacara pembukaan Piala Asia 2018 digelar sebelum laga Uni Emirat Arab vs Bahrain di Zayed Sports City Stadium. (Foto: Khaled Desouki/AFP)
Kepercayaan diri tuan rumah terpapar lewat otoritas permainan yang mencapai 64 persen. Namun, permainan mereka jauh dari kata efektif karena cuma melepaskan 3 tembakan ke gawang berbanding 5 milik Bahrain.
Ya, Bahrain memang tampil lebih mengancam. Salah satu peluang paling berbahaya dari tim tamu hadir lewat tendangan bebas Komail Alaswad yang melenceng tipis dari gawang pada menit ke-44 atau sebelum paruh pertama berakhir dengan skor 'kacamata'.
Gelombang ancaman Bahrain berlanjut di paruh kedua. Bahkan, dalam tujuh menit pertama, tim besutan Miroslav Soukup ini memaksa kiper UEA, Khalid Essa, melakukan dua penyelamatan.
Aksi heroik Essa terhenti saat waktu normal menyisakan 10 menit. Berawal sapuan bek UEA yang kurang sempurna, Mohamed Al Rohaimi menyambar bola untuk membawa Bahrain unggul 1-0.
ADVERTISEMENT
Keunggulan tim tamu cuma berlangsung singkat gara-gara Mohamed Marhoon menyentuh bola dengan tangannya di kotak penalti Bahrain. Wasit pun menunjuk titik putih dan Ahmed Khalil tak menyia-nyiakan kesempatan eksekusi dengan tembakan ke area tengah gawang.
Lesakan Ahmed Khalil sekaligus menjadi yang terakhir dalam pertandingan ini. Alhasil, laga pembuka Piala Asia 2019 ditutup dengan skor 1-1.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan