kumparan
27 November 2019 17:41

Lawan Dortmund, Bisakah Messi Cetak Gol di Kandang?

Lionel Messi (PTR)
Messi kesal dan memejamkan matanya. Foto: REUTERS/Albert Gea
Lionel Messi punya 'kebiasaan' buruk saat Barcelona menjadi tuan rumah dalam dua laga Liga Champions musim ini.
ADVERTISEMENT
Selama itu, La Pulga sudah melepas 12 tembakan. Ironisnya, catatan gol Messi pada Liga Champions musim ini masih saja kosong. Ini jelas berbanding terbalik dengan yang terjadi di La Liga, di mana bintang kelahiran Rosario ini sudah mengemas 8 gol.
Namun, Messi memiliki kans untuk memutus 'kebiasaan' buruk ini pada Kamis (28/11/2019) dini hari WIB. Kala itu, Barcelona bakal menjamu Borussia Dortmund di Camp Nou. Berita baiknya untuk Messi, lini pertahanan Dortmund sedang tak baik-baik saja.
Dalam tiga laga terkini, Dortmund sudah kebobolan 9 gol. Ya, okelah, dua lawan yang dihadapi Die Borussen memang tak bisa dipandang remeh. Usai menang 3-2 atas Inter Milan di kandang, Dortmund takluk 0-4 dari Bayern Muenchen sebagai tim tamu.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, hasil terkini yang dipetik Dortmund betul-betul menunjukkan seberapa buruk lini pertahanan mereka. Sabtu (23/11) silam, pasukan Lucien Favre bermain imbang 3-3 dengan SC Paderborn, tim yang kini berada di dasar klasemen Bundesliga.
Hal lain yang bikin geleng-geleng kepala, Dortmund saat itu menjadi tuan rumah dan mereka mengakhiri babak pertama dengan skor 0-3. Berapa jumlah tembakan tepat sasaran Paderborn dalam 90 menit? Cuma 4 tembakan, dong.
Sebagai informasi tambahan, Paderborn juga merupakan tim dengan gol paling sedikit di Bundesliga musim ini (14). Tentunya kualitas penyerang-penyerang Paderborn beda jauh dengan Lionel Messi, yang sudah memenangi lima Ballon d'Or.
Lionel Messi di laga Barcelona v Slavia
Lionel Messi di laga Barcelona kontra Slavia Praha, Foto: REUTERS/Albert Gea
Namun, ada satu berita buruk untuk Messi. Di Sabtu saat Dortmund bermain imbang dengan Paderborn, Barcelona juga kesulitan membangun serangan saat melawan Leganes. Seperti Paderborn, Leganes juga kini di dasar klasemen La Liga.
ADVERTISEMENT
Memang pada akhirnya Barcelona menang 2-1, tetapi seluruh gol itu tercipta dalam skema bola mati. Ya, sehebat-hebatnya Messi, sepak bola tetaplah permainan tim.
Jika timnya kembali kesulitan menyerang, bukannya tak mungkin Messi kembali gagal mencetak gol di kandang dalam ajang Liga Champions. Sekalipun sudah dihadapkan dengan lawan yang memiliki pertahanan yang buruk seperti Dortmund.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan